Pengalaman Daftar S2 Magister Universitas Indonesia ( UI )

By | Kamis, Agustus 11, 2016 100 comments
Pengalaman Daftar S2 Magister Pascasarjana Universitas Indonesia ( UI )


  Intermezzo Sebentar  

Halloo, apa kabar semua? Tidak terasa sudah beberapa bulan ini saya libur mengisi postingan di blog. Biasa karena alasan klasik, yaitu sibuk dan banyak kerjaan. Namun, lama-lama gatal juga jari ini ingin kembali menulis di sini :D

Sekalian ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana proses untuk mendaftar kuliah S2 Magister atau Pascasarjana di Universitas Indonesia. Alhamdulillah, tanggal 1 Juli 2016 saya diterima sebagai mahasiswa S2 Magister UI. Jadi, status saya saat ini adalah Double Agent. Sebab, di siang hari menjadi karyawan dan di malam hari menjadi mahasiswa, hehe

Beberapa bulan yang lalu, saya mendaftar tes masuk S2 Magister / Pascasarjana di Universitas Indonesia melalui jalur SIMAK. Program studi yang saya ambil adalah Teknik Sipil agar sama dengan jurusan S1-nya. Bagi teman-teman yang ingin mendaftar kuliah S2, akan ada dua pilihan kelas, yaitu kelas Reguler dan kelas Khusus.

Dalam hal materi perkuliahan kedua kelas ini sama, nah yang menjadi perbedaan adalah biaya pendidikan dan jadwal kuliahnya. Jadwal kuliah kelas Reguler itu normal alias jam pagi, siang atau sore. Sedangkan kelas Khusus jadwal kuliahnya adalah di malam hari. Kelas ini memang dikhususkan untuk mereka yang sudah bekerja.

Perbedaan Jadwal Kelas Reguler dan Kelas Khusus S2 UI
Perbedaan Jadwal Kelas Reguler dan Kelas Khusus, Fakultas Teknik UI

Karena saya di siang hari saya harus bekerja, maka saya putuskan untuk mengambil kelas khusus. Untuk biaya perkuliahan kelas khusus tentu lebih mahal daripada yang reguler, sehingga tiap bulan saya harus menyisihkan sebagian besar gaji untuk bayar SPP di tiap semester. Untuk biaya kuliah magister UI bisa dilihat sini "Biaya Kuliah Magister UI".

By the way, setelah saya masuk kuliah ternyata jadwal untuk di poin nomer 3 di atas itu berbeda dgn yang tertulis lo. Aslinya jadwal kuliah dimulai pukul 17.00 WIB alias jam 5 sore.

(Baca juga : 5 Hal Yang Patut Dipertimbangkan Tentang Kuliah Sambil Bekerja)

  Prosedur Pendaftaran  

Agar dapat berkuliah di S2 / Pascasarjana UI, kita diharuskan mengikuti tes ujian masuk. Jalur yang saya ikuti pada waktu itu adalah jalur SIMAK. Untuk memulai pendaftaran kita harus membuat akun di website penerimaan.ui.ac.id, setelah itu login.

Di penerimaan.ui.ac.id juga ada jadwal pendaftaran dimulai dan berakhir kapan.

Lalu pilih jurusan yang diinginkan dan mengisi beberapa kelengkapan data seperti biodata dan upload dokumen. Setelah semua telah lengkap, langkah berikutnya adalah membayar biaya pendaftaran.

Biaya pendaftaran adalah sebesar Rp. 750.000, jadi usahakan kita belajar benar-benar agar bisa lolos ujian. Sayang banget kalau kita sampai kehilangan uang Rp. 750.000,-

Oiya, kalau semua persyaratan sudah lengkap. Maka, akan terlihan tanda centang seperti pada gambar dibawah.

Menu Pendaftaran S2 Magister UI
Tampilan pada menu pendaftaran (sumber : Screenshot PC Kantor)

Setelah membayar, saya pun print kartu ujian. Pada kartu ujian akan terlihat jadwal pelaksanaan ujian. Untuk pelaksanaannya ada dua macam ujian, yaitu:
  • Tes Potensi Akademik ( TPA ) - Waktu 2 jam, jumlah soal 100 butir
  • Bahasa Inggris - Waktu 1,5 jam, jumlah soal 100 butir
    Kartu Ujian SIMAK UI - Pendaftaran S2 Magister UI
    Kartu Ujian SIMAK UI (sumber : Foto Pribadi)

    Tes Potensi Akademik ( TPA ) SIMAK UI S2 ini soalnya adalah penuh dengan logika. Di mana otak kita akan dibuat pusing oleh soal-soal yang padahal sederhana. Isinya campuran, ada pengetahuan tentang bahasa, verbal hingga tentang logika matematika.

    Kalau ada yang mau mengikuti ujian TPA SIMAK UI, saya sarankan untuk men-download contoh soal-soal TPA di internet agar teman-teman tidak kaget dan punya persiapan.

    Kalau ujian Bahasa Inggris SIMAK UI, ini soalnya standar. Hanya saja lebih banyak soal yang temanya adalah Reading, jadi kita terpaksa harus membaca artikel bahasa inggris untuk menjawab soalnya.

    Bahasa Inggris cukup menguras banyak waktu, bayangkan kita cuma dikasih waktu 1,5 jam untuk mengerjakan 100 soal bahasa Inggris. Kalau saya malah ada beberapa soal yang saya kosongkan karena waktunya tidak cukup. Jenis soalnya cukup mirip dengan TOEFL, namun tidak ada Listening-nya.

    Saat ujian kita akan dijaga oleh dua pengawas, sebenarnya pengawasnya tidak terlalu ketat. Namun, kita juga tetap tidak bisa nyontek. Sebab, segala gadget hingga jam tangan harus dimasukan ke dalam tas, lalu tasnya di taruh di depan. Apabila kita mau bertanya ke peserta lain pun juga tidak bisa, sebab kita tidak saling mengenal, hehe

    Untuk tes TPA, alokasi penilaiannya adalah seperti berikut :
    • Jawaban benar, point +4
    • Jawaban salah, point -1
    • Jawaban kosong, point 0
    Oleh karena itu, bijaklah dalam menentukan jawaban. Untuk yang tes bahasa Inggris tidak ada peraturan seperti itu, itu khusus untuk yang TPA saja.

    Setelah selesai ujian kita tinggal nunggu pengumumannya di tanggal yang telah ditentukan oleh pihak UI. Kebetulan kalau kemarin itu pengumumannya pada tanggal 01 Juli 2016. Apabila waktunya telah tiba, kita tinggal login atau masukan nomor ujian di website penerimaan.ui.ac.id. Maka, akan muncul hasil pengumumannya seperti di bawah ini :

    Hasil Seleksi SIMAK - Pendaftaran S2 Magister UI
    Screenshot hasil pengumuman (sumber : Smartphone Pribadi)

    Langkah selanjutnya adalah membayar biaya pendidikan (dana pengembangan dan SPP semester 1). Nah, itu harus segera dibayarkan sebelum waktu pembayaran berakhir. Oke, apabila sudah lunas, tinggal satu prosedur lagi yang harus dilakukan, yaitu daftar ulang.

    Daftar ulang ini tidak boleh diwakilkan, jadi kita sendirilah yang harus datang. Sebab, di sini kita akan diambil sidik jarinya sebagai verifikasi data. Saat daftar ulang inilah kita harus membawa semua yang tertulis di website, seperti membawa legalisir ijazah S1, fotokopi KTP, bukti pembayaran, dan lain-lain.

    Setelah di-OK oleh petugas, maka kita akan diberikan atribut mahasiswa. Apalagi kalau bukan jaket kuning dan kartu mahasiswa. By the way, ternyata di UI kita langsung dibuatkan email pribadi, hehe lumayan jadi punya email yang terlihat resmi.

    Kabarnya kartu mahasiswanya dapat digunakan sebagai alat pembayaran, jadi bisa di Top Up, ini mau coba saya gunakan untuk naik TransJakarta maupun Kereta Api Listrik (KRL) :D

    Jaket Almamater dan Kartu Identitas Mahasiswa UI
    Jaket Almamater Kuning dan Kartu Identitas Mahasiswa UI 
    (sumber : Foto Pribadi)

      Contoh Soal TPA SIMAK S2 UI  

    Soal di bawah saya copy paste dari blog www.angelkawai.com/2014/01/pengalaman-mengikuti-ujian-masuk.html sebagai gambaran ujian nanti. Kurang lebih soal yang akan keluar seperti itu, bahkan kemarin keluar soal anak SD yaitu tentang KPK dan FPB, Hehe...

    A. TES VERBAL
    #Tes Persamaan Kata (Sinonim)
    Kualitas =
    a. Dimensi
    b. Mutu
    c. Khayal
    d. Dimensi
    e. Harapan

    #Tes Lawan Kata (Antonim)
    Nomaden
    a. Berpindah-pindah
    b. Menetap
    c. Berhenti sejenak
    d. Senang
    e. Melawan

    #Tes Padanan Hubungan (Analogi)
    Padi : Petani =
    a. Pedagang : Pasar
    b. Petani : Jagung
    c. Padi : Panen
    d. Pilot : Pesawat
    e. Puisi : Penyair

    B. TES LOGIKA
    Siska harus kursus bahasa Mandarin setiap Kamis. Sedangkan Julia kursus bahasa Inggris tiga kali seminggu setiap selasa, rabu dan kamis. Sementara Weni harus kursus bahasa Jepang pada hari yang sama dengan Julia kecuali hari rabu. Linda kursus computer setiap Rabu. 

    Siapakah yang pergi kursus pada hari yang sama setiap minggu?
    a. Linda, Siska, dan Weni
    b. Julia, Linda, dan Weni
    c. Linda dan Siska
    d. Weni dan Linda
    e. Siska dan Weni

    C. TES  ANGKA
    Dalam sebuah kandang terdapat 50 ekor ayam, 27 ekor ayam jantan, 18 di antaranya hitam, yang hitam semuanya berjumlah 35 ekor. 

    Maka banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah...
    a. 6
    b. 2
    c. 10
    d. 12
    e. 7

    Dapat dilihat kan? Soalnya sebenarnya sederhana dan tidak sulit. Namun, soalnya ada banyak sekali dan bisa membuat orang menjadi panik. Sehingga, sulit baginya untuk berpikir dengan tenang terutama pada soal tes LOGIKA maupun ANGKA.

      Tips Mengikuti Ujian S2 - UI  

    Karena niatnya untuk berbagi pengalaman, jadi saya harus memberi tips yang sebaiknya teman-teman ikuti agar dapat mengikuti ujian dengan lancar. Adapun tipsnya adalah seperti berikut :

    1. Pelajari Soal-Soal TPA
    Jauh-jauh hari sebelum tes, pelajari soal-soal TPA. Sudah banyak di internet yang upload soal-soalnya. Ini agar Anda tidak kaget saat ujian, tipe soalnya sama kok dengan yang di internet. Yang sama tipenya, bukan isi soalnya loh, hehe...

    2. Pelajari Kosa Kata Bahasa Inggris
    Untuk tes bahasa Inggris, usahakan kita banyak mempelajari kosa kata, belajarlah dari kamus. Sebab, yang terpenting kita tahu arti dari kata-katanya terlebih dahulu. Apalagi dengan hadirnya soal jenis reading, tentu kita harus paham isi artikel untuk dapat menjawab soal. Setelah kita paham lumayan banyak kata, barulah disusul belajar sedikit grammar.

    3. Survey Lokasi Ujian
    Sebelum hari pelaksanaan, usahakan kita sudah survey lokasi ujian. Sebab, kawasan UI itu luas jadi kita akan agak kerepotan mencari ruangan ujian saat hari pelaksanaan. Liat lokasinya di fakultas mana, gedung berapa, dan nomer ruang berapa.

    4. Berangkat Awal
    Saat hari pelaksanaan kita harus berangkat awal, sebab jalan raya menuju kampus UI akan menjadi macet di hari ujian. Yang mau tes tidak hanya kita doank, hehe

    5. Sedia Alat Tulis Lengkap
    Sediakan alat tulis lengkap, sebab kita tidak diperbolehkan meminjam dari peserta lain. Alat tulisnya standar seperti untuk ujian nasional seperti, pensil 2B, penghapus, rautan dan lebih bagus membawa papan alas untuk lembar jawab. Jangan lupa sediakan cadangannya, kalau-kalau nanti ada yang hilang.

    6. Jangan Belajar Lagi Saat H-0
    Saat kita sudah sampai lokasi ujian, saya sarankan jangan belajar lagi. Memang di sana bakal banyak pemandangan peserta lain yang pada belajar di sana, tapi jangan kita ikuti. Belajar akan membuat lelah pikiran sebelum mengerjakan tes dan juga dapat membuat suasana menjadi panik. Lebih baik kita online saja, facebookan atau main game... hehe #upss itu kalau saya. Tapi terbukti lho :D

    7. Jangan Buang-Buang Waktu Saat Ujian
    Pintar-pintarlah memanage waktu untuk mengerjakan soal, jangan menghabiskan waktu banyak untuk mengerjakan satu soal. Kalau sulit, tinggalkan saja dan kerjakan yang lain.

    8. Kosongkan Kalau Ragu
    Kalau kita ragu dengan jawabannya lebih baik jangan di isi, kosongkan saja. Sebab, kalau jawaban kita salah di ujian TPA maka nilai kita akan berkurang minus 1. Jadi, lebih baik dikosongkan. Kalau saya waktu itu dari 100 soal, ada sekitar 10 soal yang saya kosongkan.

    9. Istirahat ya Istirahat
    Setelah selesai ujian TPA, akan ada waktu istirahat 45 menit. Gunakan untuk benar-benar untuk istirahat, jangan belajar! Kalau saya pas itu langsung keluar dan beli mie ayam, lalu minum teh botol. Dan tidak lupa saya membawa sebotol air putih, ini penting.

    Terserah teman-teman mau makan apa, di UI banyak makanan kok. Ini akan membantu me-refresh pikiran kita sebelum bertemu soal bahasa Inggris dan perut kita pun tidak keroncongan. Kalau malas keluar, bisa dengan membawa bekal sendiri, seperti air putih dan roti.

    10. Berdoa itu Penting
    Yang tidak kalah penting adalah berdoa. Sebelum ujian gunakan fasilitas doa yang diberikan Tuhan untuk meminta kemudahan dalam mengerjakan soal. Nah, setelah ujian berdoalah agar kita dapat lolos ujian.

    11. Menunggu dengan Sabar
    Terakhir, menunggu pengumuman. Kalau ini kita tidak usah dipikirkan, pasrah saja dan berdoalah. InsyaAllah kita sudah melakukan yang terbaik.

    Cukup sekian berbagi pengalaman dan tipsnya, siapa tahu ada yang memang sedang berminat untuk melanjutkan kuliah di UI dan semoga postingan ini dapat membantu memberikan gambaran tentang prosedur pendaftarannya. 

    Oke, good luck!

    Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
    comments

    100 komentar:

    1. Akhirnya aku menemukan mu mas, #lho? hehe.
      Terima Kasih atas sharingnya mas. sekarang ini aku lagi mau skripsi S1 mas, mohon doa supaya bisa kuliah S2 di UI. Aku mau ambil magister Bisnis mas, adakan yahh. ehh kalau boleh minta kontaknya mau sharing2 soal ini. kalau boleh yaa mas hehe

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wih, menemukan apaan bro :D
        Okay siap, doa meluncur. Wah, mantap magister bisnis dan itu mungkin ada. Soalnya di UI ada fakultas ekonomi dan bisnis, hehe.

        Okay boleh bro, klo kontak silakan nanti inbox di facebook saja. Ntar saya balas :D

        Hapus
    2. Wkwk, akhirnya di blogin juga perjuangan masuk UI, gimana udah ngobrol sama manager?
      haha perjuangan sebenarnya baru dimulai cit

      BalasHapus
      Balasan
      1. Haha belum pul, lagi nunggu jadwalnya keluar nanti tanggal 22 agustus. Ini mah judulnya kuliah session 3.

        Hapus
    3. Cit, ternyata kamu libur nulis ya selama 1 bulan? pantesan g pernah keliatan. Kita sama Cit, tapi kalau aku liburannya bulan Juni kemarin, sekarang udah ngeblog lagi, tapi g maksa nulis kayak dulu, kapasitas otak g se prima dulu sih, sekarang banyak kerjaan, jadinya dibatesin *alasan doang*

      Ciyee... selamat cit, akhirnya nerusin S2 dan di universitas ternama indonesia! hebat banget! nanti 1 almamater ama dian sastro sama nicholas saputra juga dong? kece abist cit! siapa tahu kamu diajak main aadc 3 yah, hahahaha

      BalasHapus
      Balasan
      1. Bukan 1 bulan, tapi 3 bulan. Sekarang si udah mulai kembali ngisi blog lagi, udah ga terlalu sibuk soalnya :D

        Terima kasih pit,
        Haha emg mereka kuliah di situ jg toh. Lagian beda channel ah, saya mah masuk fakultas teknik :D

        Hapus
    4. Selamat ya, mas sudah diterima. Wah, ternya persyaratan yang harus dipenuhi banyak dan gak gampang (kelihatannya). Saya bilang begitu karena belum pernah nerasakan menjadi seorang mahasiswa. Semoga sharing dari mas ini banyaj membantu teman2 kita di luar sana yang juga sedang ingin mendaftar S2. Semangat ngeblog, mas.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Alhamdulillah, terima kasih :)
        Persyaratannya memang banyak, tapi mudah kok dilengkapinya. Siapa tahu dengan ini juga dapat membuat bro Achmad mengikuti kuliah. S1 pun ada kelas malamnya loh, jadi bisa disambi kerja :)

        Hapus
    5. Waaah selamat jadi mahasiswa UI s2.. semoga lancar kerja maupun kuliahnya :D

      BalasHapus
    6. Waw, S2 nih, selamat ya bang udah lanjut sampai S2. Semoga kerjaan dan kuliahnya lancar, aamiin.

      Jadi flashback USM PKN STAN beberapa saat yang lalu, soalnya juga TPA sama Bahasa Inggris, dan cara belajar kita sama bang, hihihi. Waktu di tempat ujian aku gak belajar lagi, bahkan buku pun aku gak bawa, tasku isinya cuma alat tulis sama kartu peserta, dan juga air minum, gak ada buku sama sekali xD. Dan pas jeda juga sama, ini bukan di USM PKN STAN sih, tapi pas SBMPTN. Waktu jeda antara TKPA dan TKD Saintek, aku gak belajar, bawa buku juga tidak, jadi aku makan bekal yang kubawa, hahaha, maklum gak ada kantin, untung bawa bekal, hihihi. Alhamdulillah aku keterima di PKN STAN. Sukses buat kita ya bang :D

      BalasHapus
      Balasan
      1. Amiin, makasih bro

        wah keren nih, jadi anak STAN, hehe
        Memang benar si, lebih optimal kalau saat H-0 itu lebih baik tidak belajar lagi. Biar fresh pikiran nya :D

        Okay sukses untuk kita :D

        Hapus
    7. Kren citra sampe dibikin step stepnya
      Bakalan bermanfaat buat yg lg bingung ndaftar ini mah..pasti kena keyword mesin pencari

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, soalnya saya merasakan keresahan saat mau ujian. Jadi ada baiknya saya post di sini untuk bantu menghilangkan keresahan para peserta nanti

        Hapus
    8. Wah selamat yaa ngelanjutin s2 teknik sipil, semoga lancar dan sukses.. Jangab kayak aku, udah semester 2 s2 tp cuti trus gak lanjut drh, milih ngurus anak di rumah, pdhl emang biaya buat kelas khusus mahal banget, sudah bikin proposal tesis juga.. Hahaa jadi curhat deh.. Btw, aku jadi ikutan mikir jawab contoh soal ujian di atas.. Hahaha

      BalasHapus
      Balasan
      1. Amiin, terima kasih doa nya :)
        Wah, tapi kan prioritas memang anak dulu. Kalau urusan kuliah mah bisa nanti-nanti kan. Anak nomer 1 pokoknya :D

        Hapus
    9. Wow. Selamat s2 di UI bro. Asik nih udah kerja, tapi masih mentingin pendidikan walaupun pasti bakal bagi waktu dan duitnya.

      Bahasa inggris 100 soal 1,5 jam, itu sempet? Gue kayaknya gak bakal selesai itu hahaha

      Goodluck buat s2-nya! Salam kenal.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya, rasanya masih ada yang kurang. Jd, ingin menambah ilmu lagi :)

        Iya banyak bgt bro soalnya, msh mending soal TPA sebenarnya. Meski mikir tp jelas kita tau artinya. Kalo English kita harus nerjemahin dlu, hehe

        Okay, makasih. Good luck jg :)

        Hapus
    10. keren banget lah dirimu, meski sudah kerja tapi masih mementingkan pendidikan dan lanjut kuliah lagi untuk ambil S2. daaan, selamat juga karena telah diterima di UI.

      Masuknya situ pasti sulit banget yaa, apalagi tes-tesnya banyak dan menguras pikiran banget gitu. tapi kalau sekiranya mengikuti tips-tips yang kamu bagikan diatas, mungkin bisa sedikit mempelancar ujian masuk S2 UI.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya masih ingin mempelajari lebih jauh, dan mumpung msh ada waktunya :)

        Masuknya sebenarnya malah lebih sulit yg S1, sebab saingannya ada banyak bgt. Nah, kalo S2 kan saingan nya tdk terlalu banyak. Jd, ini kesempatan yg bs diupayakan :)

        Hapus
    11. kalau uang gedung dan uang semesteran berapa Cit? itu juga salah satu mimpi terbesar dalam hidup gue yaitu meraih gelar M.Pd!! Gue salut sama lo yang bisa susun jadwal. Paginya kerja malamnya belajar. You must be really busy, jangan pnya pacar dulu kalo begitu. hahaha...
      good luck and wish me luck too! hehe *opoto

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini jurusan Teknik kelas Khusus, dana pembangunan 21 jt dan SPP 11,5 jt/semester :(

        Klo biaya jurusan lain bs liat di sini :
        http://www.ui.ac.id/pengantar-pendaftaran/biaya-pendidikan.html

        Wah M.Pd asik tuh, ky gelarnya para kepala sekolah :D
        Okay, good luck Mey :)

        Hapus
    12. Wah selamat ya Citra akhirnya diterima di UI, Magister oiii keren, mudah2an bisa kuliah dg baik ya.
      Wah seneng banget kalau karmas bisa dijadikan alat pembayaran jadi gak perlu ke bank lagi klo bayar SPP.
      Btw thanks lho tips-tipsnya,mudah2an aku bisa lanjut s2

      BalasHapus
      Balasan
      1. Amiin, makasih doanya :D
        Hehe entah itu kartunya bs buat bayar SPP atau engga. Cuma itu bs dipakai buat alat pembayaran di tmpat yg ada logo BNI nya, hehe

        Okay, ayo smoga lanjut :D

        Hapus
    13. keren keren.. biayanya berapa bang cit. nanti kontakan dong via fb hehehe
      gue tertarik bang buat masuk UI. siapa tahu jodoh gue disana.. eh apasih

      info yang bermanfaat banget. cuman tahapannya kurang detail haha.
      btw, jaketnya keren :)))

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau biaya beda-beda fik, kalau ini biaya yang Fakultas Teknik di kelas Khusus. Dana pengembangan 21 jt dan SPP 11,5 jt/semester. Kalau yg kelas reguler tentu lebih murah biayanya

        Cek di :
        http://www.ui.ac.id/pengantar-pendaftaran/biaya-pendidikan.html

        Haha gila aja mau di bikin detail tahapannya. Panjang bgt fik nanti. Toh klo udh login nanti di ksh tahu tahapannya di situsnya, hehe

        ayo buruan daftar :D

        Hapus
    14. Waaaah, barakallah, mas, keterima S2 di UI!
      Waituuuu jaket kuning, idaman banget~~~
      Mohon doa juga supaya ntar saya bisa ambil program spesialisasi dokter di UI ya mas :D
      *padahal kuliah kedokteran umum aja masih belum lulus*

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah, ayo semangat biar bisa ambil program spesialis dokternya :D

        oalah, haha kirain udh slesai, sekarang mah fokus dulu buat slesein kedokteran umumnya. Tahun depan selesai kan :D

        Hapus
    15. Selamat nih mas bisa masuk kampus jaket kuning. Kampus yang menjadi primadona masyarakat indonesia.

      Wah, apalagi kerja campur kuliah. Ini amazing banget. Semoga gue juga bisa kayak gitu. Aamiin...

      BalasHapus
      Balasan
      1. primadona yah? hehe entah mengapa pada kok pd ngomongin jaket kuning nya. Intinya mah ini belajar bro :D

        Amazing tp bakal sibuk waktunya, hehe

        Hapus
    16. wihh.. salut, keliatan cerdasnya bro. udah S2, di UI pula. gak semua orang bisa masuk UI, ini udah masuk.. S2 pula. keren abis, hahahaha. selamat ya, bro. semoga sukses dan lancar jaya kuliahnya!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ya, kalau niat dan yakin semua pasti bisa masuk kok
        mau S2 atau engga yg penting jgn berhenti untuk terus belajar :)

        Amiin, terima kasih bro Jev :D

        Hapus
    17. Selamaaat ya, broo... susah tuh masuk UI, sebenarnya seleksinya ya kurang lebih sama kayak pas SBMPTN gitu ya ? tapi kalo S2 itu kan nggk ada SBMPTNnya jadi jalurnya mesti mandiri ke kampus masing2 gitulah

      BalasHapus
      Balasan
      1. Makasih bro :)
        seleksinya ya hampir sama si, cm ya itu bener ujiannya di UI-nya langsung dan ga ada SBMPTN nya :D

        Hapus
    18. wah selamat kak jadi anak UI

      BalasHapus
    19. Ya Allah, lengkap banget.. berguna banget buat yang mau lanjut kuliah..

      Paling sebel kalo ada soal yang ngejebak. Ckckk

      Sekali lagi selamat berjuang jadi mahasiswa dan karyawan. Semoga sukses selalu.. :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sebenernya ga lengkap bgt itu rum, itu kan cuma sekedar gambaran
        soalnya memang pd menjebak kok, hehe jd siap2 aja buat sebel

        Amiin, terima kasih. smoga sukses selalu jg rum :)

        Hapus
    20. Wow S2. Hebat! UI pula. Setau gue masuk situ sulitnya gak pake kira-kira. Selamat ya, selamat!

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah, begitu ya? Syukurlah brarti diberi kesmpatan untuk belajar di UI :)
        Makasih ucapannya :D

        Hapus
    21. Aku baru aja nyelesaiin S1 dan gak ada kebanggaan tersendiri karena S1 itu banyak banget. Ada niat untuk ngelanjutin ke S2, tapi keknya nunggu kalo udah kerja dulu, biar kuliahnya gak main-main.

      Waktu S1 kemaren masih suka main-main karena semester dibayar orang tua, kalo udah kerja bisa ngerasain susahnya nyari uang dan ngumpulin uang untuk bayar semesteran.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Haha masa udah jadi Sarjana ga ada kebanggaan. Toh, masih banyak loh orang yang tidak bisa kuliah, jadi sebaiknya kalau jadi sarjana itu patut disyukuri :)

        Hapus
    22. Ribet banget ya, rasanya dulu pas gua apply beasiswa S2 di China ga seribet ini. Tapi dulu waktu S1 apply ke ITB memang ribetnya...najong banget. Ngantrinya pun udah kayak ngantri mau nonton konser artis siapaaaa gt. Kapok deh, untung gua udah beres studinya wkwkwk

      BalasHapus
      Balasan
      1. Haha ya begitulah om Kenni, tapi karena sudah terbiasa dgn lingkungan sperti ini jadi sudah tidak mikir ribet. Tinggal lalui saja prosesnya :D

        Wih, berarti di China prosedurnya lebih simpel yah. Mungkin kita bs belajar sistemnya untuk dpt diterapkan di sini :D

        Hapus
    23. Mas aku mau cari info ttg magister t.sipil, rencana ny milih manajemen proyek, pas banget semua ny. gini kalo S1 ny aku geoteknik, gak apa kan kalau mau ambil manajemen proyek? trus boleh gak dikasitau brpa biaya kuliah per semester yg reguler dan khusus?

      BalasHapus
      Balasan
      1. sip, manajemen proyek :D
        iya bisa kok klo dari geoteknik trus ambil manajemen proyek

        biaya SPP
        - kelas reguler : 8 juta/smt
        - kelas khusus : 10,5 juta/smt

        Hapus
    24. Selamat ya, sukses menuju S2nya!

      BalasHapus
    25. Pak kalo dari jurusan teknik lingkungan mau mengambil s2 Teknik sipil bisa ? Materi kuliah s2 teknik sipil manajemen project apa saja, thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Oh bisa sekali Pak,
        ini materinya sejauh ini di semester 1 belajar membuat project plan, memaksimalkan dan menambah nilai tambah dari sebuah project. Juga belajar tentang nilai investasi...

        Hapus
    26. Mas ada uang pangkalnya gak untuk s2?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya ada mas, namanya dana pengembangan.
        tiap jurusan berbeda dan tiap kelas (reguler/khusus) juga berbeda jumlah uangnya

        Hapus
    27. Halo Mas Citra..

      Kebetulan saya mau ambil S2 Teknik Sipil yg jalur khusus Mas,

      Kalau jalur khusus waktu perkuliahannya hari apa aja dan jam berapa sampai jam barapa?

      Sama bisa minta kontaknya mas, untuk tanya2 hehe

      Thx Devi

      Thx

      BalasHapus
      Balasan
      1. wah sip donk, mau ambil MK atau MP?
        Kalau di smster ini si hari rabu ama kamis, mulai jam 5 sore ampe jam 10.
        ada tambahan jg hari jumat jam stgh 7 malem... nanti smster depan pasti bakal berubah lagi jadwal nya :)

        contact ini ada line : citra_pradipta
        ato ga contact lain di link ini citrapradipta.com/p/about-me.html

        Hapus
    28. Selamat Sore, Mas Citra. Tulisan di atas sangat membantu sekali. Namun, saya ada beberapa pertanyaan sekiranya kalau ada waktu mohon dibalas. Untuk masuk s2 apakah ada wawancaranya? dan kalau kelas khusus apakah ada persyaratan minimal kerja? karena di beberapa website saya baca ada minimal kerja. Kemudian, apakah perbedaan jurusan saat s1 mempengaruhi kelulusan di jurusan s2 selain tes simak? dan apakah di kuliah s2 kelas khusus tersedia beasiswa?

      terima kasih, Mas. dan maaf banyak pertanyaan :)

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau S2 ga ada wawancaranya kok, cuma tes tertulis saja...
        sedangkan kalau kelas khusus di kampus teknik UI itu tdk ada syarat kerja, jadi tdk kerja pun bisa daftar di kelas khusus. Nah, kalau di universitas lain mungkin ada persyaratan begitu

        perbedaan jurusan S1 dgn S2 tdk berpengaruh kok, beda pun tidak masalah. Dan kalau beasiswa ya ada2 saja, tp ttep harus cari informasi sendiri untuk mencari sponsor yg mau mendanai (pemerintah / swasta). umumnya persyaratannya si untuk orang yang tidak mampu dan memiliki nilai yang baik.

        eh, ada jg misal kalau sudah bekerja dan perusahaan mu baik hati, bisa saja SPP mu dibayarin perusahaan :)

        Hapus
    29. Senangnya bisa sekolah lagi.... Gw kapan yah???

      Ada rencana sih mau ambil S2. Tapi kayaknya pengen ambil master di luar negeri deh. Tapi gimana dengan kerjaan gw? Auk ah gelap. Dipikir ntar aja deh. Semangat yah yang mau sekolah....

      BalasHapus
      Balasan
      1. keren tuh kalau mau ambil master di luar negeri :D
        tp memang ga bs disambi kerja klo itu...

        Hapus
    30. Mau tanya dong gan, buka pendaftaran S2 kpn ya atau Daftar skrg trus testny kira2 kapan dan Hasilnya keluarny kapan ya?
      Periodenya pendaftaran dibuka dr kapan dan smpe kpan ya yg tahun ini?
      Makasih maas citra

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalau pendaftaran kmaren oktober/november buka gan, klo skrng blm ada pengumuman lagi. mungkin akhir januari atau pas februari baru ada pembukaan pendaftaran lagi... bs langsung cek di sini gan penerimaan.ui.ac.id

        Hapus
    31. Permisi.. Mau tanya nih,mas. Klo sdh registrasi akademik,nanti dpt info lg ttg jadwal perkuliahan ataugmn ya? Saya blm dpt pemberitahuan lagi ni. Sy baruakan ikutmatrikulasi S2 UI bagianilmu psikologi. Mohon info

      BalasHapus
      Balasan
      1. kalau jadwal perkuliahan bisa di cek di siakNG : academic.ui.ac.id
        di situ login, trus pilih IRS trus klik jadwal kuliah...

        tp pastikan dulu IRS-nya sudah terisi atau belum

        Hapus
    32. siang ms bro cit, kalau saya jurusan FISIP bisa gak kira2 ambil jurusan MK, kebetulan sesuai job kerjaan,,, kira2 bisa ngikutin gak ya perkuliahannya,,,tks,,

      BalasHapus
      Balasan
      1. selamat siang... iya bisa kok dari FISIP ambik ke MK...
        nanti bakal ada mata kuliah tambahan matrikulasi klo beda jurusan, itu semacam matkul untuk penyesuaian materi dasar.

        klo ngikutin ya bisa-bisa aja, kuliah saja dan belajar seperti biasa :)

        Hapus
    33. wahh mantapp,,, ok deh ane coba daftar ntar,,,tks inpohnya,,,

      BalasHapus
      Balasan
      1. gan cit, mau konfirmasi barusan aku email ke humas FTUI kok disana hanya menyerima lulusan teknik dan MIPA saja ya, mana yang benar? atau ata temanmungkin yang dari jurusan lain abmil disitu,, :?

        Hapus
      2. benarkah?
        sepertinya gara2 belajar dr pengalaman karena sangat sedikit jurusan selain teknik dan MIPA yg ambil MK, jadi nya mahasiswanya kurang untuk buka kelas matrikulasi, jadinya jurusan yg selain teknik dan MIPA udh ga boleh...

        itu tanyanya MK? Coba untuk MP... klo MP itu umum loh, untuk mengelola proyek.

        Hapus
    34. iya gan, jawabanya begini "Mohon maaf, program S2 Teknik Sipil hanya menerima lulusan dari program S1 Teknik atau MIPA" hee

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah, sayang sekali :(
        klo yg di angkatanku yg masuk MP, paling yg beda si yg S1 dari teknik elektro, industri ama arsitektur.

        Hapus
    35. Sebelumnya, selamat untuk Mr Citra udh lolos SIMAK UI. :D
      Saya mau nanya nih, kalau saya mendaftar di gelombang pertama, itu nanti jadwal kuliahnya mulai bulan apa ya?

      Saya daftar Magister Hukum Transnasional FH UI karena kebetulan S1 nya juga dari Hukum konsentrasi Hk. Internasional. Cuman sayang sih, di magister Hk. transnasionalnya (dan di bidang lainnya kek pidana, perdata, ham, dsb kecuali kenotariatan) ga ada kelas reguler, adanya khusus which means biayanya mahal --a

      BalasHapus
      Balasan
      1. O iya, saya Wahyu lulusan s1 FH Univ. Brawijaya

        Hapus
      2. Gelombang pertama yah, brarti masuk sekitar akhir agustus / awal september...

        wah, kok malah beda ya.. biasanya yg reguler itu lebih lebih lengkap jurusannya, hehe ini malah yg kls khusus yg ada HK transnasiolannya.

        Semoga lolos SIMAK UInya mas :)

        Hapus
    36. Congrat mas,
      Apa bedanya Jurusan Manajemen Konstruksi dan Manajemen Proyek boleh minta tolong dijelaskan secara spesifik,
      Terima kasih mas (:

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ini mas waldy yang tadi invite akun line yah?
        udh ke jawab kan, hehe

        Hapus
    37. Mas, thanks info nya ya..
      Apakah kelas khusus ga ada yang sabtu minggu ya mas?

      BalasHapus
      Balasan
      1. klo di kelas khusus UI hari minggu ga ada kuliah...
        klo hari kuliah trgantung jurusannya, klo teknik sipil si jdwalnya antara senin - jumat :)

        Hapus
    38. Wah selamat yaa mas :) walaupun ini postingan tahun lalu & saya baru baca tahun ini, semoga ucapan selamat nya tdk telat ya hehe, dan artikel ini sangat membantu saya dlm persiapan2 untuk daftar S2 ;) thankyou..

      BalasHapus
      Balasan
      1. terima kasih ucapannya :)
        wah sip dh mau daftar, smoga sukses dan lolos daftar S2nya, amiin... :)

        Hapus
    39. Maaf, mau nanya kak, apakah membutuhkan surat rekomendasi dosen?

      BalasHapus
      Balasan
      1. oh, tidak perlu surat rekomendasi dosen kok
        bisa langsung mendaftar :)

        Hapus
    40. Hallo kak nama ku mutia. aku mau tes s2 ui teknik industry tanggal 2 april 2017. mau Tanya kak, kuotanya kan sedikit banget cuma 15 orang. pendaftar s2 nya biasanya brpa banyak sih kak?
      dan peluangnya besar atau kecil kak untuk s2?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Klo pendaftar si ada ribuan mba, cuma peserta yg ambil jurusan sama dgn kita kn blm tau ada brp. Klo peluang S2 si lebih besar ketimbang S1, karena saingannya ga sebanyak saat di S1. Tapi tetep harus belajar, karena saingan kita juga pasti pada belajar mbak :)

        Hapus
    41. Mas Cipta mau nanya,
      kalau ketrima itu bayar SPP dan Uang Pembangunannya barengan? atau ada kemungkinan bisa dicicil di antara keduanya?
      Any way sukses selalu S2 nya mas.

      Makasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Iya mas, bayarnya barengan SPP + dana pengembangan
        ada kemungkinan bs dicicil kok, saat daftar ulang nanti ada meja khusus untuk bahas negonya. Tp lebih baik klo udh keterima dan ada niat cicil, segera konsul ke bagian adminnya.

        aamiin, makasih mas
        sukses jg untuk mas satri :)

        Hapus
    42. Assalamualaikum mas, turut bahagia nih mas cit bisa lulus di UI.
      oh iya mas, saya juga mau donk tau pengalaman masuk s2 kmren lebih dalam,, eh lebih dalam ??? awas kelelep. *kidding*
      kmren pas masuk UI ada tes wawancaranya juga ga mas? kepo nih pengen tau banyak
      soalnya kau juga mau tes s2

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wa alaikumsalam... alhamdulillah terima kasih :)
        kalau tes wawancara ada untuk jurusam tertentu, sperti manajemen di FE
        kalau saya ambil jur teknik, jd ga ada wawancara

        Hapus
    43. Mas citra aku mau tanya bisa ? Maaf nih mas walaupun masih semester 2 s1 tapi pingin menyiapkan diri untuk ke jenjang s2nya . Menurut mas citra pas test itu peminat hukum magister ui banyak ga ya ? �� Dan kalau daftar s2 gitu ada batasan usia ga sih mas ? Makasih mas citraaa

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wah, keren smster 2 udh kepikiran S2.
        Saya dlu malah kepikiran main mulu pas S1 :(

        Kalo magister hukum UI lumayan banyak peminatnya, tp itu di magister hukum ada banyak jurusan peminatan lo, ada 7 jurusan klo ga salah. Batasan usia S2 setau saya tdk ada, yg penting msh mau belajar saja.. hehe

        Hapus
    44. Siang Mas, apakah untuk pasca sarjana UI Elektro butuh persyaratan Jurusan S1 harus akreditasi minimal B pada saat mendaftar?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Siang jg Mas/Mba, kalau pesyaratan akreditasi tidak ada kok :)
        persyaratan bisa di cek di http://simak.ui.ac.id/persyaratan-program-studi-magister.html

        Hapus
    45. Assalamualaikum. Bang mau tanya juga nih, apakah ada bedanya antara lulusan S2 non-regular sama yang regular? Ijazahnya dibedain engga bang? Terus kalo boleh tanya lagi, S1-nya dulu di univ mana ya? Terimakasih sebelumnya, artikelnya sangat membantu.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Wa alaikumsalam
        Ijazah tetap sama saja kok, saya udh liat ijazah temen saya yg kebetulan lebih dlu ngrasain kuliah S2 di kelas khusus. Gara2 dia saya jd ikutan kuliah, hehe...

        Dlu S1-nya di Univ Wijayakusuma Purwokerto :)

        Hapus
    46. Selamat Siang Mas,

      Mau tanya info juga untuk jurusan lain boleh. Untuk Jurusan FMIPA UI, khususnya Pascasarjana Kimia UI. Apakah membukan kelas khusus juga?. Jika iya, bagaimana dengan waktunya?.

      Terima kasih,

      Soni Aditia Abdullah

      BalasHapus
      Balasan
      1. Selamat siang Mas

        untuk jurusan kimia UI S2, setau saya ga ada kelas khususnya :D
        Coba masuk yg kls reguler saja mas..

        Hapus
    47. Salam Bang Citra..., saya fahri mahasiswa pascasarjana manajemen konstruksi Univ.Parahyangan.
      Apakah di UI (magister teknik sipil) ada pelatihan software @Risk untuk manajemen risiko ?. Terimakasih

      BalasHapus
      Balasan
      1. Salam Mas Fahri...
        Klo saya cek di http://pelatihan-ui.com/katalog-pelatihan/ itu ga ada mas. Saya jg tertarik ingin belajar software @Risk setelah di-demo-kan oleh seorang dosen sewaktu mengajar, hehe

        Hapus
    48. Kak, buat fakultas yang meminta sertifikat toefl dan tpa bappenas itu di setornya kapan yah? Apa itu wajib? Soalnya waktu saya daftar yang merupakan syarat wajib upload hanya ijazah dan transkrip nilai kak. Tapi di persyaratan tertulis di butuhkan serifikat toefl dan tpa kak. Mohon pencerahannya, makasih..

      BalasHapus
      Balasan
      1. itu bukannya disetor upload saat daftar online yah :)
        klo itu si setau saya ga wajib, tp ada kemungkinan untuk nambah nilai masuk. Bisa jd pertimbangan untuk para penilai jg

        Hapus