Minggu Berdarah (Bloody Sunday)

By | Selasa, April 14, 2015 53 comments
Badan Eksekutif Mahasiswa ( BEM ) fakultas teknik Unwiku
Foto bersama petugas donor darah PMI cabang Banyumas

Hari Minggu kemarin tanggal 12 April 2015, organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas teknik Unwiku telah mengadakan kegiatan sosial berupa donor darah. Ini kegiatan yang cukup menyeramkan bagi orang-orang yang takut jarum suntik seperti saya -_-

Akhirnya saya memutuskan ikut donor darah dan meski ini bukan pertama kalinya saya ikut donor darah, tetap saja saya masih takut dengan jarum suntik. Namun mengingat ini untuk kegiatan sosial demi membantu sesama manusia, maka oke nevermind. Saya lawan rasa takut tersebut. Dan akhirnya 350 cc darah merahku disedot masuk kedalam kantung darah.

Donor darah sebenarnya bukan hanya bermanfaat untuk orang lain, untuk diri sendiri jugalah bermanfaat. Slogan "Mereka Selamat Kita Sehat" dari PMI itu memanglah benar. Kenapa kita juga bisa menjadi sehat dengan donor darah?

Itu karena darah kita yang kotor itulah yang diambil oleh PMI, darah adalah cairan penting yang ada di dalam tubuh yang fungsinya sebagai penyalur ke seluruh tubuh. Dengan ada sebagian darah kita yang diambil, maka tubuh pun akan secara otomatis memproduksi darah baru untuk menggantikan darah kita yang diambil.

Darah baru berarti darah yang masih sangat segar dan bersih. Nah, tentu efek pada tubuh adalah kita akan menjadi lebih sehat dibanding sebelum kita donor darah. Inilah alasan yang dapat membuat orang-orang rajin donor darah tiap 3 bulan. Selain untuk menolong orang, juga dapat menjadikan tubuh ini sehat.

Coba lihat pengobatan yang ada sekarang, ada bekam, sedot darah pakai lintah, dan lain-lain. Nah intinya pengobatan itu juga untuk membuang darah kotor. Bedanya kalau sedot lintah, darah kita jadi makanan lintah dan kalau donor di PMI darah kita dijadikan sebagai penyelamat orang lain. Tentu lebih mulia kalau darah kita dipakai untuk menyelamatkan orang bukan?

Dan ada lagi kapsul bersih darah, ya katanya fungsinya untuk membersihkan darah. Namun, tidak tahu kebenarannya apa benar bisa membersihkan darah. Lebih baik darah kita didonorkan saja, agar darah kita dapat menjadi sel darah merah baru yang sehat dan bersih.

Darah kotor yang sudah kita donorkan tadi tentu tidak dapat langsung diberikan kepada pasien yang membutuhkan. Darah perlu penanganan khusus seperti diperiksa dan disterilkan terlebih dahulu agar menjadi darah bersih. Setelah darah menjadi bersih barulah darah tersebut dapat diberikan ke pasien yang membutuhkan.

Saat acara Minggu kemarin, ada beberapa teman saya yang ditolak untuk memberikan darahnya. Sebelum donor darah memang kondisi kita diperiksa dahulu oleh dokter. Nah, yang menyebabkan kita tidak bisa donor darah adalah kondisi tubuhnya kurang baik, kadar hemoglobin (Hb) nya kurang maupun berlebihan, punya darah rendah maupun tinggi, punya riwayat penyakit berbahaya, habis minum obat dalam waktu dekat, habis bergadang, berat badan kurang dan lain-lain.

Kalau ada yang ingin mendonorkan darah, diusahakan untuk menjaga tubuh kita tetap fit hingga pada saat donor darah. Hindari minum obat dalam waktu dekat dan hari sebelumnya janganlah bergadang hingga malam. Sewaktu bertemu dengan mbak dokter cantik yang memeriksa, dia bertanya, "Istirahatnya cukup? Semalam tidur jam berapa?". Ini mbak dokternya perhatian sekali, jadi terharu :')

Nah setelah terbukti kondisi kita dalam keadaan baik, lalu kita berbaring untuk diambil darahnya oleh petugas lain. Lengan kita ditusuk dengan jarum berselang yang mengarah ke kantung darah. Setelah kantung darah penuh dengan darah kita, nama kantung tersebut diberi label sesuai dengan data kode identitas kita. 

Ini fungsinya agar apabila ternyata darah kita terdapat penyakit berbahaya. Maka pihak PMI akan memberi tahu secara pribadi kepada kita tentang penyakit tersebut. Kalau darah kita aman / sehat maka tidak akan ada info apa-apa. Jadi lumayan kan dari situ kita bisa tahu kalau kita sedang sehat atau tidak. Selain masalah sehat, kita juga mendapat keuntungan seperti :
  • Cek darah (tensi, golongan darah, hemoglobin)
  • Cek tensi
  • Potongan harga saat berobat di PMI
  • Dapat makanan (jajan) setelah donor, hehe
Oke, kalau manfaat donor yang saya sebutkan tadi hanyalah sedikit saja. Kalau ingin lebih lanjut tahu tentang manfaat donor darah dapat searching sendiri di mbah google, saya yakin ada banyak yang membahas manfaat donor darah.

Postingan ini sengaja ditulis untuk mengajak teman-teman blogger semua untuk mau menjadi pendonor darah. Demi mewujudkan slogannya PMI "Mereka Selamat, Kita Sehat". Toh sebenarnya yang untung tuh kita sendiri, makanya ayo donor darah :)
Setetes darah kita sangat berarti bagi mereka...
Mobil Donor Darah PMI Kab. Banyumas

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
comments

53 komentar:

  1. Bener! :D

    Apalagi yang punya golongan darah langka kayak O rhesus negatif, pasti membutuhkan banyak donor kan.. Ngga ada salahnya ngebantu sesama, apalagi bikin kita sehat.. Tapi aku belom bisa donor lagi nih, soalnya kegendutan.. Harus nurunin berat badan :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah, darah O rhesus negatif langka toh.. Hehe saya kira cuma golongan darah AB saja yang langka :3

      Astaga, klo kegendutan juga bikin gagal donor kah? haha kemaren ada temen yang gendut kok sah sah saja ya bisa ikut donor :D

      Hapus
    2. Golongan darah AB malah gampang nerima transferan dari golongan darah manapun, tapi golongan darah O- hanya bisa nerima transferan dari golongan darah O- jugak, yang mana pemiliknya cumak sekian persen di dunia ini..

      Naaah.. Itu sebenarnya ngga boleh, karena resiko diabetes dan kadar kolesterolnya lumayan tinggi.. Ngga sesehat orang dengan berat badan normal :D

      Hapus
  2. Ih ngeri ah dalam sehari udah baca 2 kali artikel donor darah, ngepostnya juga sama jangan-jangan kalian jodoh (?)

    Jarum suntiknya gede gak, terus rasanya darah ngalir keluar itu gimana. Buat kebaikannya sih setuju selain kita bisa bantu orang lain, juga bisa tau penyakit yang ada dalam tubuh. Juga jantung bisa produksi darah baru menggantikan darah yang didonorkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, mungkin ini bagian dari hidayah untuk para member BE.
      Supaya mau berbagi darah dengan yang membutuhkan :3

      Jarum nya gede bro, haha darah saja ampe bisa meluncur masuk ke selang... tapi tenang aja bro rasanya cuma gitu doank kok. Yap, bisa bikin sehat jg :)

      Hapus
    2. Iya nih pingin nyoba donor darah, tapi kan syaratnya 17 tahun ya, bersyukur deh belum 17 tahun..

      Rasanya gitu doang, tuh rasa apa ya. Lebih enak dari rasa coklat gak?

      Hapus
  3. Wah ngeri gan dengan namanya donor darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, sama gan...
      Ane juga takut sebenarnya... tapi ya demi sesama sih gan :)

      Hapus
  4. Waktu SMK dulu pernah ada donor darah juga di sekolah aku ragu antara belum 17 tahun sama ngeri akhirnya nggak jadi. :((

    Belum pernah donor darah. Pengen sih nyoba tapi takut pingsan duluan karena ngeri :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, ya wajar si ngeri.. saya juga masih ngrasa ngeri :D
      Apalagi umur belum 17 tahun, kan belum boleh.. haha

      Haha dipaksain aja, pasti bakal baik baik aja kok

      Hapus
  5. Eh, itu mbk dokternya bukan perhatian. Tapi itukan prosedur untuk memastika kondisi kita. -_-

    Gue juga ngira ada yang aneh di post ini. Bisa barengan sama litfah. Ciyeeee jodoh, ciyee... :D

    Donor darah emang fungsinya banyak banget buat kesehatan kita terutama. Selain itu, dapat membantu orang lain. Meskipun darah yg diambil kotor, nanti darah itu akan dibersihkan dulu dari semua jenis penyakit supay saat diberikan kepada yang membutuhkan, akan dapat digunakan dengan baik.

    Semoga banyak yang ikut mendonor setelah baca post ini.

    Setes darah kita berharga buat mereka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarin ah, haha sekali kali biar semangat gitu ada yang merhatiin :D

      Kalau bareng mungkin ini adalah bagian dari hidayah untuk para member BE.
      Supaya mau berbagi darah dengan yang membutuhkan :3

      Hoho bener bgt om wortel, darah tentunya dibersihkan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada yang membutuhkan

      Hapus
  6. pengalaman yang sangat menarik sekali. Judulnya menyeramkan bloody sunday, tapi isi postingan ini sangat bermanfaat. Tentunya donor darah bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Slogan mereka selamat kita sehat, menarik sekali. Saya juga ingin diperhatikan oleh mbak cantik, hehe... Mbak cantiknya perhatian sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha judulnya sengaja dibikin serem, karena isinya memang serem -_-
      Ya ampun, haha niat donornya biar bisa di perhatiin ama mbak dokter cantik toh :D

      Ayoo donor makanya :D

      Hapus
  7. kapan bisa donor darah, pasti bahagia banget yak mereka-mereka yang bisa donor :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang berapa kilo lagi dek? :D
      Hmm, entah bisa dibilang bahagia atau tidak.., haha klo donor darah tuh sensasinya greget bgt loh dek :P

      Makanya makan sayur, biar bs gemuk :3

      Hapus
    2. kurang berapa kilo yang? lima kayaknya mas :D
      emang apa ngaruhnya makan sayur sama gemuk. ngak nggak nggak!
      liat ya mas, bakalan bisa donor aku..
      ntar pamer ah kalo udah donor. kapan? entahlah :D

      Hapus
    3. 5 mah masih jauh ah,paling 2 tahun lagi baru bisa donor darah :P
      ngaruh donk, kan ada serat ama vitamin nya... makanya sayur nya dimakan, haha
      idih sok bgt mau pamer,
      palingan pas beratnya udh pas, trus diperiksa. ntar dokternya bilang :
      "wah mba ini kurang makan sayur, jadi ga boleh donor..." hehe :D

      Hapus
  8. Ah, pengen deh rasanya ikut donor darah. Tapi, umurku belum cukup untuk donor darah, mungkin nanti pas mahasiswa deh :)

    Bener juga ya, donor darah itu mengeluarkan darah kita dan dengan begitu tubuh kita bakal produksi darah baru yang segar, ditambah darah yang kita keluarkan itu bisa digunakan untuk keselamatan orang lain. Jadi, gak terbuang percuma, kitanya juga gak sia-sia mengeluarkannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya pas mahasiswa aja bro, kan bakal ada event donor darah di kampus. Jadi sekalian dh ikutan :D

      Ho oh, tp inget habis donor tuh dibanyakin makannya. Biar darah merahnya cepat beregenerasi...

      Hapus
  9. Oh iya gue tertarik sama penjelasan kalo donor darah itu darah kotor kita yang diambil. Berarti kita nyumbang darah kotor kita buat orang lain yang membutuhkan darah? gitu bukan? atau gue salah nangkep pernyataannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk istilahnya emang ambigu gan, darah kotor tu darah yang telah berkeliling keseluruh tubuh. Jadi mengalir balik buat ntar dibersihin lagi jadi darah bersih.

      Haha lagian setelah darah kita diambil, tu ama PMI dibersihin lagi kok. Biar bersih sebelum diberikan ke yg membutuhkan

      Hapus
  10. Barusan tadi abis liat post yang bertema donor darah juga.
    Hmm.. emang tuhan itu adil ya.. kita nyumbang darah kita, terus kita dikasih manfaat yang setimpal.
    Stelah tau beberapa manfaat donor darah jadi pengen ikut nih kegiatan kemanusiaan kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip bro, hehe lanjutkan niat ikut kegiatan seperti ini :)
      Klo tidak ada event seperti ini, bisa datang sendiri ke PMI bro buat donor... hehe

      Hapus
  11. Mascip, sebetulnya aku belum pernah donor darah karena... beratku kurang huhuhu jadi aku ngga ngerti rasanya gimana, sih? Huehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, berat badan mu berapa toh dek? :D
      Makan yang banyak donk, biar nambah berat nya :3
      Rasanya tuh .. yaa gitu deh... hehe

      Hapus
  12. Postingan lo sama aja kaya Mba latifah tentang donor darah, yang membuat gue inget tentang kebingungan gue ketika pertama kalinya donor darah.

    Sebelulmnya gue tahu kalau darah gue itu A setelah gue kena penyakit DBD, dan di ktp gue juga A, entah kenapa kartu di identitas pelajar gue, darah gue AB, tapi gue gak ambil pusing mungkin ini salah ketik, dan ketika ada donor darah di SMA gue donor darah untuk pertama kalinya, ketika di cek gue kaget darah gue berubah jadi O, ini darah gue kenapa dari A bisa berubah ke O, gue manusia jenis apa ini ? darahnya ada 2.

    dan sampe sekarang gue belum cek darah dan donor darh lagi, takutnya darah gue malah berubah lagi jadi B.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh ni bisa sama, ahaha

      Astaga jangan2 ketuker bro kaya di film-film lagi. Ya lebih baik ikut donor lagi aja buat mastiin lagi.. hehe aneh donk klo golongan darah sndiri tuh meragukan :D

      Hapus
  13. Balasan
    1. Sama om,, hhehe makanya klo donor tuh tutup mata aja :P

      Hapus
    2. tapi tetep aja rasanya sakit

      Hapus
  14. semoga generasui muda peduli dan mau mendonorkan darah bagi orang yang membutuhkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin :)
      Apakah defa pernah donor darah juga? Hehe

      Hapus
  15. Cie kembaran nih.. :D

    Iya memang ada darah kotor dalam tubuh kita. Karena itu perlu dibersihkan. Kalau perempuan sebenarnya sudah, yaitu pas menstruasi. Kalo laki-laki? baiknya donor darah aja. :P

    Terus sayangnya agak susah kalo pemuda-pemudi kita untuk lolos tes (kayak ujian aja yak) donor darah. Karena kebanyakan mereka suka kopi dan rokok, alhasil pasti berpengaruh sama HB mereka. -_-

    Dan parahnya lagi, aku juga gak lolos. Gara-gara BB kurang. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knapa emg klo kembaran? :P

      Iya bener itu, perempuan sebenarnya sudah bisa buang darah kotor sendiri lewat mens. Hehe tapi klo donor kan jadi bisa sekalian nolong orang lain :)

      Haha saya suka kopi tapi lolos, yang penting rajin minum air putih... nah klo rokok mah ga tau dh... Makan yang banyak donk biar lolos :P

      Hapus
  16. Berat badan saya ga lolos seleksi... Jadi gbs donor darah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, masa cowo ga lolos gara-gara berat badan si... makan yang banyak bro dan rajin olahraga :D

      Hapus
  17. wah sama nih aku juga abis donor.

    bener banget ini, emang banyak banget manfaat donor darah. dan manfaat yang lagsung kerasa itu. badan jadi terasa lebih seger. lumayan kan sembari cek kesehatan gratis. gak cuma orang yang membutuhkan darah doang yang dapet manfaatnya, tapi yang donorin juga. pokoknya simbiosis mutualisme bangetlah.

    iya nih postingannya mirip sama punyaku hihi. jangan jangan kita .... ahsudahlah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, badan jadi lebih seger.. meski tangan nya yg buat donor tu agak pegel, hehe
      manusia mah memang harus selalu tolong menolong, hehe jadi istilah simbiosis mutualisme itu malah kesan nya jadi gmn gitu :)

      Ah sudahlah, haha

      Hapus
  18. Kadang pengen juga ikutan donor darah kek gitu kak, tapi kenyataannya takut. Banyak yang bilang ntar ini lah, ntar itulah. tapi yasudahlah, tetep ga ikut hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bilang apaan emangnya?
      Perasaan banyak yang bilang klo donor itu baik deh, hehe jadi ayoo donor darah :)

      Hapus
    2. katanya klo udah donor darah, nanti gendut kak. makanya ga mau hehehe

      Hapus
  19. katanya klo udah donor darah, nanti gendut kak. makanya ga mau hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info dari mana ituh -_-
      Itu mah alesan doank biar ga donor, haha

      aku jg ga gendut2 kok sehabis donor,
      malah berat badannya jadi ideal ky model #ehh :D

      Hapus
  20. Haha gue juga takut sama jarum suntik, waktu SMP aja ada pengecekan darah, lah gue gak ikutan karena takut.

    Sepertinya gue bakalan ditolak kalo mau donorkan darah, gue suka begadang dan pola hidup tidak sehat. Padahal acara donor darah ada di kampus, gue tetap aja gak berani. Hati gue belum mau membantu orang lain. Jahat ya gue.

    BalasHapus
  21. Kebetulan minggu depan ada donor darah di daerah saya
    dan saya sudh persiapakn itu
    jadi pengen cepet2 besok untuk mendonorkan darah untuk yang membutuhkan
    baca baca dri artikel katanya indonesia masih kekurangan kantong darah

    BalasHapus
  22. entahlah, mau dipaksa model gimana pun aku nggk berani donor darah. meskipun yg nanganin seganteng brad pitt pun aku ogah. tapi selalu salut sama orang yg berani sama jarum yg nyedot darah sampe sekantong.
    tes golongan darah yg cuma diambil beberapa tetes aja kepalaku udah pusing dan pandangan seketika burem nggak bisa ngliat apapun, apalagi sekantong, sereeeem -___-

    BalasHapus
  23. Mereka Selamat Kita Sehat, ANe jadi pingin ikutan donor darah kalo begitu... Wah, tadi ane agak gmana gitu baca judulnya, serem serem seru.. :)

    BalasHapus
  24. Blum pernah donor darah kalo gue. Pertama gara2 takut jarumnya. Kedua takut jarum juga sih hahaha
    Tapi pernah ambil darah Buat di cek gitu. Pertama2 kyak di gigit semut gitu doang ternyata hahaha

    BalasHapus
  25. karena berat badanku tergolong kurus jadi gak dibolehin donor darah XD

    BalasHapus
  26. Blm prnh donor darah sma sekali, bb krg, darah rendah lg

    BalasHapus
  27. Di blog sebelah juga ada yg abis donor darah. Ini memang lagi musim donor darah atau gimana ya? hehe

    Tapi ngomong2 soal donor darah, jadi keinget dulu pertama kali donor darah aku udah pd banget.
    Sekarang, semenjak pindah, boro-boro donor darah, disuntik aja ogah. :(

    BalasHapus
  28. kalau soal donor darah say belum pernah takut sama jarum suntik hihihi

    BalasHapus