Masa Lalu, Masa Depan dan Hari Ini

By | Senin, Januari 16, 2017 42 comments
masa lalu, masa depan, dan hari ini

Pernahkah kita menyesali suatu hal di masa lalu? Atau mungkin melamunkan masa depan? Tidak perlu malu untuk mengakuinya. Sebagai manusia, justru wajar kalau kita melakukan kedua hal tersebut.

Apalagi kalau di kala beranjak tidur, seringkali pikiran-pikiran masa lalu atau masa depan kian menghampiri. Membuat kita sejenak merenungi hal tersebut.

Ada yang mengingat masa lalu, memutar rekaman kehidupan yang telah terjadi. Lalu, ada juga yang membayangkan kehidupan di masa depan.

Mengenang Masa Lalu

Masa lalu ada karena memang untuk dikenang. Di mana semua hal yang telah terjadi di kehidupan kita akan terekam dalam memori otak. Setiap saat dapat kita putar kembali memori tersebut, untuk mengingat dan mengenang momen di saat itu.

Meski fungsinya adalah untuk dikenang, namun tetap saja ada yang takut dengan masa lalu. Merasa bahwa masa lalu selalu mengejar. Kita sudah berusaha untuk melupakannya, namun kenangan itu selalu datang menghantui. 
Masa lalu biarlah masa lalu. Jangan kau ungkit jangan ingatkan aku... 
(Inul Daratista)
Alangkah bijaknya apabila masa lalu dijadikan suatu pelajaran untuk melangkah lebih jauh. Ya, masa lalu adalah pengalaman berharga yang dapat kita ambil hikmahnya.

Alangkah bijaknya apabila kita menjadikan masa lalu sebagai pelajaran berharga. Pengalaman di masa lalu dapat menjadi acuan untuk melangkah jauh ke depan.

Contoh kasus sederhananya, suatu hari kita berjalan di tempat yang agak gelap. Tiba-tiba tanpa sengaja kaki kita masuk ke lubang yang cukup dalam. Sehingga membuat kita tersandang dan jatuh.

Beberapa hari kemudian kita berjalan lagi melewati jalan yang sama. Nah, dari masa lalu kita tahu bahwa di jalan itu ada lubang yang cukup dalam.

Tentu dengan pengalaman yang kita punya, kita akan berusaha menghindari lubang itu. Entah dengan loncat, minggir atau bisa dengan membuat langkah panjang. Tujuannya jelas agar kaki tidak masuk lubang lagi.

belajar dari masa lalu

Merencanakan Masa Depan

Melamun tentang masa depan juga tidak salah, apalagi kalau dengan niat untuk merencanakan masa depan.

Merencanakan masa depan sama saja dengan menetapkan target alias tujuan kita di masa yang akan datang. Kalau kita sudah tahu targetnya, maka akan dengan mudah meraih apa yang kita targetkan.

Sebagai contoh kita merencanakan untuk menjadi seorang dokter. Dengan kita tahu apa yang kita inginkan, tentu kita akan memilih jalan yang sesuai dengan target, yaitu dengan kuliah di jurusan kedokteran.

Meski begitu tapi tetap saja ada yang takut dengan masa depan. Takut dengan apa yang akan terjadi dan pesimis dengan kehidupannya di masa depan.

pentingnya target / tujuan

Jangan Lupakan Hari Ini

Ada yang lebih penting dari masa lalu dan masa depan, yaitu hari ini / masa sekarang. Jangan lupakan kalau kita ini sedang berada di masa sekarang.

Kita terlalu terbuai dengan ingatan di masa lalu dan lamunan akan masa depan, sehingga lupa untuk menjalankan hari ini. Padahal hari ini kan sangat menentukan nasib kita ke depannya.

Bisa jadi di masa lalu nasib kita kurang beruntung, dengan perjuangan di hari ini sangat mungkin sekali nasib kita menjadi bagus dan segala angan-angan di masa depan pun dapat tercapai dengan usaha di hari ini.

pentingnya hari ini / sekarang

Kesimpulannya memikirkan masa lalu dan masa depan itu penting, namun jangan terlalu lama terbuai memikirkan kedua hal itu sehingga melupakan hari ini. Sebab, hari ini adalah awal kehidupan kita yang baru.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
comments

42 komentar:

  1. Belajar dari masa lalu itu penting.
    Tapi berjuang untuk masa depan yang lebih cerah lebih penting lagi.

    makasih yeh motivasi di hari seninnya.
    Tulisanya cocok banget ama suasana hhati gue.
    gatau kenapa Hari ini gue lagi semangat banget.

    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru inget saya klo hari ini hari senin :D
      woh, semoga dgn tulisan ini jd bisa kembali bersemangat... amiin

      Hapus
  2. hemm, makasih mas ud ngasih bacaan menarik juga sekaligus self reminder again :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang bacaan ini lumayan bagus sih!

      Hapus
  3. Hari ini akan menjadi masa lalu pada masa depan. Jadi memang sebaiknya bisa melakukan hal terbaik untuk masa yang akan datang.. Wah.. rasanya saya saat ini termotivasi, Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul sekali rum,
      jadi jangan sia2 kan hari ini demi masa dengan yg lebih baik :)

      Hapus
  4. Saya masih belum spesifik memikirkan target untuk masa depan, jadi masih tersesat menuju target tersebut.

    Bersyukur untuk hari ini dan selalu berusaha melakukan yang terbaik.

    BalasHapus
  5. Setia orang psti memiliki masa lalu, baik itu masa lalu yang indah atau sebaliknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena hidup itu seperti roda, kadang di atas kadang di bawah :)

      Hapus
    2. Karena belum spesifik itulah, saya tersesat apa targetnya :D

      Hapus
  6. Merencanakan masa depan harus ada targetnya, kalau hanya sekedar rencana-rencana saja sama juga bohong. Sama kayak hanya berangan-angan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tujuan merencanakan masa depan ya untuk mendapatkan target yg kita inginkan. jd saya setuju klo cm berangan-angan saja ya sama aja bohong, gunakan hari ini untuk meraih target tsb :)

      Hapus
  7. hemm aku masih susah banget nih ngilangin trauma dari masa lalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo bebaskanlah masa lalu, jgn digenggam terus :D

      Hapus
  8. Masa lalu dan masa depan memang penting bngt..
    Tapi jangan lupa kalau toh kita hidup untuk hari ini kan?
    Masa lalu punya kisahnya sndr dan masa dpn punya pesonanya sendiri..
    Jangan terlalu sibuk stuck di masa lalu, atau merencanakan masa depan sampe kita lupa kalau kita masih punya hari ini..
    Hahahhaa
    Great post lhoo..
    Bersyukur banget baca postingan ini.. :D
    Bener-bener buat gua berpikir lebih mendalam lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, terkadang ada banyak penyesalan di masa lalu dan ada banyak rencana di masa depan... tp udh jgn dipikirin terus, mendingan hari ini kita melakukan banyak hal yg bermanfaat :D

      Hapus
  9. Asyik nih postingannya, jangan sampai lupa untuk memikirkan hari ini karena hari ini akan menjadi pengaruh di masa depan. Kalau nggak ada hari ini masa depan nggak akan datang, ya kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya, ini sama aja dgn ungkapan "percuma kalau banyak rencana/impian, tp sama sekali ga action." :D

      Hapus
  10. Awalnya gue kira ini tulisan serius. Eh tiba2 muncul sebuah qoute dari inul. Wkwkwk.

    Kocak gan..

    nafarinm.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. quote dr Inul di atas itu penuh makna loo... wkwk

      Hapus
  11. Setuju, kalau masa lalu tuh serasa terus mengejar. Kadang ada penyesalan juga sih, tapi ya hidup tetap harus berlanjut. Salah satunya dengan menyongsong masa depan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini simpel...
      masa lalu itu ga bakal bisa berubah, jadi lebih baik di ihklasin saja. biarlah masa lalu jadi pelajaran hidup untuk maju lebih baik ke depan :)

      Hapus
  12. Aduh nampol banget nih. Jangan terlalu sibuk mikirin masa depan kalau hari ini terabaikan. Uhuk. Beberapa waktu lalu sempet terjebak pada ilusi yang indah , syalalala. Tetapi sekarang target sudah jelas, dan berusaha sebaik mungkin. Postinganmu baguus. memberikan pencerahan untuk penggalau-penggalau agar segera kembali ke jalan yang benar.

    Hari ini kita berjuang untuk masa depan yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk, baca ini bikin ngakak "untuk penggalau-penggalau agar segera kembali ke jalan yang benar" xD

      betul, ayoo action dan semangat untuk hari ini..

      Hapus
  13. Terkadang gue juga masih terjebak masa lalu, tapi dengan tenang gue mencoba untuk berpikir bahwa masa lalu harus dijadikan pelajaran dan gak boleh terulang di masa ini atau masa depan nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sip, saya sendiri jg terkdang terjebak di masa lalu... tp skrng lebih cepat untuk sadar dan kembali ke masa skrng...

      Hapus
  14. bagus nih. kita hidup emang gak boleh cuma mikirin masa depan/masa sekarang aja, perlu juga inget2 masa lalu buat pelajaran hidup. yang menentukan sebenernya masa sekarang, karena telat sehari aja ngambil keputusan, bakal ngubah masa depan kita :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe betul, telat sehari ngambil keputusan bakal ngubah masa depan. itu persis prinsipnya para pengusaha. yg penting action dan action :D

      Hapus
  15. gue pernah sih terjebak di moment antara malu dengan masa lalu, dan takut untuk menghadapi masa depan. wleheheh
    tapi gue jadi sadar, karena terlalu takut akan masa lalu sampai lupa untuk menikmati hari ini.
    yah, selagi kita sudah mempersiapkan hal'' yg kita butuhkan untuk menuju target kita di masa depan, kayaknya harus siap untuk menghadapi masa depan.
    tapi masih banyak juga sih orang yg terjebak masa lalu
    cie gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ingatlah hari ini.... kata grup musik Project Pop :D

      klo yg terjebak di masa lalu si saya yakin emg msh banyak, saya jg terkdang terjebak kok. cuma habis itu langsung sadar xD

      Hapus
  16. semuanya harus kita pikirin bang, tapi jangan cuman mikirnya doang. action juga hehe

    menurut gue, masa lalu itu bagus buat bahan belajar kita untuk menjadikan kita lebih baik lagi kedepannya.. not just for remembering hehe
    ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, klo dipikir terus kapan action nya :D

      iya betul kan, memang itu fungsi masa lalu, untuk dijadikan kaca spion agar bs tahu apa yg ada di belakang. Agar tidak salah langkah :)

      Hapus
  17. masa lalu itu utk dikenang dan dipelajari sesaat spy gak melakukan kesalahan yg sama ya mas :-)

    artikelnya menyemangati aku nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener, makanya masa lalu seseorang itu sangat berharga sekali. ini bisa untuk acuan agar bisa melangkah lebih baik :)

      Hapus
  18. Kalo bagi saya, belajar dari pengalaman & masa lalu itu lebih "ngena". Saya sering banget dapet pengalaman-pengalaman hidup yg bener-bener bikin kehidupan saya berubah, dan akhirnya saya sendiri ngerasa seneng kalo pernah dapet pengalaman seperti itu. Diajarin sama kehidupan itu lebih enak lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah beruntung sekali sring dpt banyak pengalaman hidup yg bs membuat hidup berubah. boleh donk skali kali diceritakan ke teman2, untuk sbg inspirasi :)

      Hapus
  19. Aku suka nih mengenang masa lalu. Masa laluku suram huaaaaaa
    Mudah2an sih nggak terlalu terbuai juga ya Dip, karena bagaimanapun hari ini layak diperjuangkan utk menentukan masa depan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa lalu memang selalu suram kok, itu karena kita sudah maju dan keadaannya berbeda dgn diri kita yg dulu.

      yup bener Mei, ingatlah hari ini :)

      Hapus