Menjadi Inovator itu Susah-Susah Gampang

By | Rabu, Desember 28, 2016 54 comments


Apa itu Inovator?
Menurut bahasa, inovator adalah orang yang mengenalkan suatu gagasan atau inovasi. Di mana inovasi tersebut akan menjadi suatu manfaat bagi orang lain.

Nah, tidak dapat dipungkiri bahwa negara kita ini sebenarnya butuh banyak inovator dalam upaya untuk membangun negeri. Kalau begitu, mengapa kita tidak mengambil peran tersebut?

Tentu kita akan beranggapan untuk menjadi seorang inovator itu adalah sulit. Ya, itu memang benar kok. Perlu adanya analisa pada suatu hal untuk dapat berinovasi. Namun, perlu kita sadari untuk menjadi inovator sebenarnya sulit-sulit gampang.

Memiliki modal pengetahuan yang sangat luas mungkin bagus untuk dapat menjadi seorang inovator. Namun, ada masanya pengetahuan yang luas malah melupakan suatu hal yang sederhana. Bisa saja hal sederhana tersebut sebenarnya sangat dibutuhkan umat manusia.

Inovasi yang Murni Butuh Orang Jenius
Inovasi murni merupakan hal yang tersulit di wilayah inovasi. Di mana kita harus menemukan inovasi dasar yang belum pernah diciptakan sebelumnya. Bisa dikatakan inovasi ini adalah sebagai penemuan dan pembuatnya disebut sebagai penemu.

Ini bukan seperti menambah nilai tambah pada sesuatu yang sudah ada seperti yang akan dijelaskan di bawah. Namun, justru membuat hal baru yang belum terpikirkan oleh manusia. Misalkan penemu listrik, penemu radio, penemu internet, penemu obat X, penemu teori X, dan lain-lain.

Inovasi ini memerlukan pemikiran yang bisa dikatakan sebagai jenius. Kita harus bisa memahami permasalahannya secara detail. Sehingga wajar yang berhasil menjadi inovator di wilayah "benar-benar murni" adalah pakar dalam bidangnya.

Tidak jarang para penemu ini mendapatkan penghargaan berupa nobel sebagai apresiasi atas kontribusinya bagi dunia. Meski sulit, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kita dapat melakukannya. Yang penting terus mau belajar demi memberi kontribusi untuk negara maupun dunia.

Modifikasi Inovasi
Cara berinovasi yang lebih memungkinkan adalah bermain dengan suatu hal / inovasi yang sudah ada lalu memodifikasinya. Ini tidak seperti inovasi murni yang memerlukan orang jenius. Misalkan sebuah sepeda yang oleh sang inovator ditambahkan sebuah mesin, maka jadilah sebuah inovasi baru yaitu sepeda motor.

Mari kita pelajari penambahan nilai tambah ini lebih lanjut. Agar lebih mudah dipahami, saya gunakan contoh pada benda kursi. Perhatikan gambar di bawah ini.

Nilai tambah / inovasi pada kursi

Teman-teman bisa lihat dari material awal kursi dapat menjadi barang yang berbeda-beda. Ini tergantung nilai tambah apa yang ingin kita berikan kepada si kursi. Kita bisa saja berimajinasi memberikan nilai tambah mesin penggerak di kursi, sehingga dapat bergerak layaknya mobil seperti gambar di bawah ini.


Mr. Bean Kursi dan Mobil
Mr. Bean (sumber : dudecomedy.com)

Ups. Maaf bukan seperti gambar di atas, hehe. Tapi kursi yang dipakai Prof. Xavier pada film X-men. Dia menggunakan sebuah kursi roda yang ada mesin penggerak. Saya tidak mememberikan gambarnya di sini, agar teman-teman bisa berimajinasi sendiri.

Saya rasa inovasi kursi + roda + mesin seperti Prof. Xavier sudah banyak diproduksi. Kalau masih belum bisa membayangkan, teman-teman bisa searching dengan kata kunci "motor chair" di Google. 

Nah, dengan kursi bisa kita iseng berimajinasi, kira-kira ada nilai tambah apa lagi yang dapat diberikan? Kita juga bisa lho berimajinasi dengan benda lain selain kursi.

Gabungan Nilai Tambah / Fungsi
Nilai tambah dalam wilayah inovasi sangat memungkinkan sekali berjumlah lebih dari satu. Nilai tambah bisa kita berikan terus menerus asal itu memang benar-benar berguna. Seperti sebuah handphone yang terus berinovasi, sehingga semakin banyak nilai tambah yang ada di dalamnya.

Nilai tambah pada smartphone

Dulu kita menggunakan handphone hanya untuk SMS maupun telepon. Kemudian semakin berkembang, kita dapat mendengarkan musik, memotret, mengakses internet, hingga bermain game. Saking banyaknya fungsi / nilai tambah dalam handphone, maka namanya pun berubah menjadi smartphone.

Inovasi Aplikasi Smartphone
Perkembangan smartphone saat ini sangat memungkinkan sekali untuk kita berinovasi dalam wilayah aplikasi. Yang perlu kita lakukan adalah mencari ide untuk membuat aplikasi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat.

Aplikasi ojek online tentu sudah tidak asing lagi bukan? Ini adalah salah satu inovasi dalam bentuk aplikasi smartphone. Dengan material awal berupa smartphone dengan nilai tambah ojek, lalu jadilah aplikasi ojek online.


Kemudian adalagi inovasi dalam bentuk aplikasi yang dikembangkan oleh beberapa mahasiswa jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Aplikasinya bernama "HALIMAH", sebuah aplikasi yang menyediakan informasi kesehatan untuk para ibu hamil. 

Nah, penjelasan lengkap tentang aplikasi HALIMAH sudah pernah dibahas seorang teman yang bernama Andi Nugraha dalam artikel Download Aplikasinya, Rasakan Manfaatnya “HALIMAH”.

Aplikasi Smartphone + Informasi Kesehatan Ibu Hamil = Halimah

Inovasi Bukan Cuma Bentuk Fisik
Dari beberapa penjelasan di atas, pasti kita sudah mulai sadar kalau inovasi itu tidak hanya dalam bentuk fisik saja. Seperti aplikasi, itu kan sama sekali bukan bentuk fisik. Namun, aplikasi tersebut bisa menjadi terobosan positif bagi kehidupan manusia.

Ada juga inovasi dalam bentuk kebijakan tertentu yang dibuat oleh orang ahli di bidang hukum atau bidang lainnya. Pastinya kebijakan haruslah membuat negara menjadi lebih baik, bukan malah memperburuk. 

Sebelum terbit, inovasi pada kebijakan tetap harus melakukan study lebih dulu. Jangan sampai melakukan trial and error (percobaan) dalam menetapkan kebijakan, karena sangat beresiko dan menyangkut kepentingan orang banyak.

Selain kebijakan, inovasi juga dapat berupa pemahaman, ide maupun teori. Meski hanya sebuah pemikiran, tapi jangan salah. Justru hasil pemikiran itu diam-diam dapat mengubah dunia.


Saatnya Ambil Peran Sebagai Inovator
Tidak ada bangku penuh untuk para inovator. Artinya selalu ada celah untuk kita berinovasi dari masa ke masa. Semakin berkembangnya jaman, maka semakin perlu banyak inovasi yang dapat membantu kehidupan manusia.

Ada beberapa penjelasan inovasi di atas yang diharapkan dapat menjadi sebuah inspirasi untuk melakukan inovasi. Bebas mau ambil jalan yang mana. Ingin inovasi murni atau modifikasi. 

Ingin berupa benda fisik, aplikasi, kebijakan, ide, teori ataupun pemahaman. Semua itu bisa kita pilih dalam rangka berinovasi. 

Nah, setelah membaca ini apakah teman-teman sudah kepikiran ingin berinovasi seperti apa?


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
comments

54 komentar:

  1. wow, gw suka sekali ama gambar-gambarnya. nanti izin ya buat dia ambil gambarnya, buat bahan presentasi.

    postinganya bikin inget kerjaan sehari-hari jadinya, tapi ini keren banget. izin share ya di fp idean :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. okay silahkan bro Andi, smoga bermanfaat :3
      wah inget kerjaan sehari hari, mantep nih berarti kerjaannya, hehe

      Hapus
  2. Sebenernya kurang setuju juga sih sama kata-kata inovasi butuh orang jenius. Kalau menurut gue, dalam inovasi yang paling dasar yang dibutuhkan ya awalnya curiousity dulu. Nah dari situ, mulai deh berkembang kemana-mana dan pas mulai proses pengembangan ini ketekunan dan keuletan di butuhkan. Jadi ya gak cuma butuh orang jenius doang, tapi juga butuh orang yang memiliki tingkat curiousitynya tinggi dan mau berusaha memecahkan rasa penasarannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bacanya lompat-lompat yah? hehe ketauan dari komentarnya :)

      kalau 'hanya' untuk orang jenius, knapa tulisan ini justru mengajak pembaca untuk berinovasi? ini artinya semua orang bisa kan.

      Dan orang yg Ditsa bilang memiliki curiousity tinggi dan punya keuletan maupun ketekunan, bukankan itu ciri-ciri orang yg jenius? :D

      Hapus
  3. Inovasi itu mahal harganya. Beruntunglah orang yang mampu berinovasi dan bisa memberikan manfaat kepada banyak orang hasil dari inovasinya. Tsaahhh, gw ngomong apaan sih ini....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo ikut serta juga, ambil peran untuk berinovasi :)

      Hapus
  4. Kak Pradipta, ilustrasinyaleren deh. Pengen juga bisa buat kayak gitu. Pake aplikasi apa Kak. Request dong, bikin artikel tutorialnya hehe

    Tapi aku rasa di jaman sekarang membuat inovasi murni, yag bener bener baru, dan belum ada itu sangat sulit. Sebab nyaris semuanya udah ada. Ya itu tadi katamu, harus bener bener paham masalahnya. Emang kebanyakan mengemvangkn atau memperbaharui apa yang sudah ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ini bikin nya pakai cara newbie, jd msh pakai photoshop... ini ga sulit kok tinggal cari gambar yg sesuai trus disusun satu2 seperti itu :)

      iya bener, skrng apa2 sudah ada jd sulit memikirkan apa yang blm ada. Namun, dgn berkembangnya teknologi pasti ttep akan inovasi murni yang bermunculan kok. Mungkin trnyata malah km yg jd inovatornya di masa depan :)

      Hapus
  5. sebenarnya sudah itu pas tindakan. mungkin ide lebih mudah namun rasa malas dan tak mau melanjutkan kan bahasanya jadi kaya yg susah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udh sampai dpt ide itu udah bagus sekali, nah kalau malas bisa di share ke temen2 kita. Nanti kan bisa bentuk tim untuk merealisasikan ide

      Hapus
  6. wuih inspiratif banget .. jadi pengen bikin inovasi ..mantab gan artikelnya bermanfaat

    BalasHapus
  7. artikelnya bermanfaat

    emang menjadi inovator sendiri susah, karena proses mencari inovasi juga g semua orang bisa

    salam kenal dari www.anewsimplelife.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sbenarnya smua orng bs, tp tdk smua orang mau ikut berkontribusi

      Salam kenal jg :)

      Hapus
  8. Intermezzo postingannya mantep. Bahas jenis2 inovasi sampe akhirnya bahas soal aplikasi kehamilan itu. Sudah pernah baca reviewnya di blognya bung Andi sebelumnya sih dan ngerasa aplikasi itu pasti berguna banget karena jarang orang2 merhatiin kandungan gizi makanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi kehamilannya itu sbg salah satu contoh kalau semua orang itu bs berinovasi. Nah ini yg dimaksud dgn inovasi dr aplikasi saja dpt memberikan manfaat :)

      Hapus
  9. jadi pengen berinovasi :D tapi klihatannya susah juga ya hehe
    makasih infonya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe pasti bisa kok, kan susah-susah gampang :D

      Hapus
  10. Citraaa... ini blogmu rapi sekali. Suka deh. Apalagi ada gambar-gambarnya gitu. Makin terorganir. Jadi pingin niru konsep kamu. Tapi nggak ngerti caranya. Mungkin nanti bisa bikin tutorialnya ya.

    Terkait inovasi, sebenarnya kita manusia punya kemampuan sangat tinggi untuk beradaptasi. Buktinya dengan selalu berkembangnya bahasa, tempat dan teknologi. semuanya termasuk inovasi, tetapi ada yang positif banyak yang negatif juga. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, ya tutorial seperti apa dulu ni... saya bingung loh yang dianggep rapi itu ky gmn :o

      yup bener... semakin banyak teknologi maka sepatutnya inspirasi untuk berinovasi akan semakin banyak lho :D

      Hapus
  11. Semakin lama inovasi semakin banyak dan bermacam-macam, ya seperti contoh yg udah kamu sebutkan di atas, meenggabngkanan 2 beenda menjadi 1 fungsi, manfaatnya berasa banget.

    Berterimakasih kepada para inovator yg şudah bekerja keras menciptakan karya yg berguna bagi orang banyak. Termasuk aku ini. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya itu salah satu metode untuk inovasi dgn memodifikasi inovasi :)
      mau bikin apa aja bebas, yg penting dpt bermanfaat, hehe

      Hapus
  12. Setelah dipikir pikir,iya yah dari barang yang sederhana begitu mendapatkan penggabungan penggabungan dari benda lain bisa menjadi benda yang bermanfaat lebih ya seperti handphone pada penjelasan diatas.

    Di zaman sekarang seharusnya kita ini berlomba untuk menciptakan suatu hal yang tentunya bisa bermanfaat bagi orang banyak sekaligus menjadi hal temuan kita sendiri.

    Gue setuju dengan pembahasan diatas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bisa di modifikasi seperti itu, sehingga menjadi barang yang baru. Nah iya apalagi jaman sekarang udh banyak teknologi, maka semakin mudah untuk dpt inspirasi untuk bikin inovasi :)

      Hapus
  13. Iya, butuh inovator sekali. Supaya hidup semakin saling memudahkan.

    BTW ada typo "maupul". Setelah baca komen diatas jadi bingung mau komen apaan.. ckckk

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau arum mah sudah pasti mendukung kemudahan dlm hidup :D

      oiya ada typo, makasih yah. sgera di-edit.
      wkwk komen numpang iklan. hapus ah komen di atas :D

      Hapus
  14. Aku sih kurang paham hal-hal seperti itu, inovator atau inovasi..


    Tapi kayaknya butuh skill khusus ya biar bisa berinovasi.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. skill khususnya itu merenung dan berimajinasi :D

      Hapus
  15. masih kurang paham tentang menjadi inovator :D
    tapi kayanya asik jadi seorang inovator :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalau berhasil ya jelas asik, hehe tp prosesnya itu loh yg harus diperjuangkan :D

      Hapus
  16. Pengen deh jadi inovator buat bangsa ini. Membuat sebuah hal yang antimainstream yang bakalan bermanfaat bagi banyak orang. Namun yaa belum terpikirkan untuk saat ini. Kalo udah ada ide, ya kita tinggal persiapan, dan lambat laun akan menjadi sebuah inovasi terbaru. Hmm semoga yaaa..

    Gojek, menurut gue itu adalah salah satu inovasi anak bangsa yang terbaik lah, memadukan smartphone(applikasi) dengan transportasi untuk lebi memudahkan para penumpang untuk mencari kendaraan umum. Kalo banyak inovasi kek gini, pasti majulah negeri kita ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bagus nih sudah punya semangat untuk menjadi inovator, betul kalau udh muncul ide nanti bisa dibuat tim nya, kumpulin temen2 kita yg punya keahlian yg sesuai dgn ide nya :)

      Hapus
  17. kayaknya keren deh klo bisa jadi inovator 😂

    BalasHapus
  18. Wah, harus jadi inovator nih..
    Tapi paling saya sih masih jadi modifikator aja dlu deh blum k tingkatan inovator....

    BalasHapus
  19. Halo mas pradipta

    Sebuah kajian menarik.

    Saya selalu banyak berpikir untuk selalu berinovasi

    Berinovasi itu menyenangkan bila hasilnya bisa digunakan masyarakat dunia tanpa menghilangkan jejak inovatornya.

    Inovasi kantor khusua ngenlog di rumah dengan ornamen kesukaan kita itu masuk berinovasi ngga?

    Salam dari karanganyar

    Blogging Tips | Writing Tips | Marketing Tips

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanpa menghilangkan jejak itu maksudnya inovatornya selalu dikenang yah? hehe...

      itu mungkin bisa dibilang inovasi klo dekor dgn ornamen kesukaan, tp efeknya hanya ke diri sndiri kan? belum untuk orang lain :)

      Hapus
  20. Kok aku fokeus ke halimah ya ta,..mungkin karena uda emak emak wanna be hahaha
    Tapi lucu ey klo dipikir..,teknologi ini ada dari gabungan2 berbagai kebutuhan ya , digabung jadi satu terlahirlah sebuah mahakarya..namun dari waktu ke waktu akan terus berkembang bahkan dirakit jadi beberapa jenis fungsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ecieee, hehe yg bentar lg jd emak2.. haha

      yup betul, kurang lebih begitu kondisi teknologi saat ini. Hasil dari modifikasi beberapa teknologi.

      Hapus
  21. Setuju banget bro..
    Jujur gua ngerasa kalo kita di indonesia sekarang perlu banget yang namanya inovator...
    Biar orang-orang bisa diajak buat berpikir kratif dan inovatif.
    Jadi inovator juga ga mudah..
    Harus bisa ini ituh dan tau banyak.
    Anyway, thanks buat artikelnya yaah..
    Keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, semakin ke depan di Indonesia akan makin banyak muncul inovator. Soalnya skrng saja sudah mulai terlihat. Mulai dari skala lingkungan sekitar hingga skala nasional.

      karena indonesia memang perlu banyak, lalu kenapa kita tidak berusaha untuk menjadi inovator? hehe :)

      Hapus
  22. Kadang yang sederhana itu lebih bisa diterima masyarakat, semisal ojek online.

    Melihat perubahan dari kursi menjadi beberapa kursi dengan nama lain, aku jadi ngeliatin barang-barang disekitar rumah yang bisa diberikan nilai tambah. Jadi membuka pikiran aku lagi untuk melakukan inovasi.

    Ide itu penting banget, mau buat aplikasi kalo udah ada ide tinggal cari teman yang bisa buat aplikasi. Karena sekarang semakin banyak juga developer aplikasi di Indonesia yang udah keren-keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walau sederhana namun ternyata sangat dibutuhkan :)

      kursi di atas hanya sbgai contoh kecil saja, supaya bisa dgn mudah dipahami . Dan memang betul ide sangatlah penting karena tanpa ide mana bisa diwujudkan inovasinya :)

      Hapus
  23. Apa bedanya inovasi dan kreativitas? Hmm

    Kali saya lebih mengartikan inovasi adalah sesuatu yang benar-benar baru, walaupun di dunia ini sebenarnya tidak ada yang original. Para inovator adalah para sosok yang memberikan sentuhan berbeda pada suatu karya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kreatifitas itu sbg langkah untuk menuju inovasi... Hmm

      You got it, originalitas sudah langka atau bs dibilang tdk ada. Semua ini hanya gabungan pengetahuan dari banyak manusia dari dulu hingga skrng. Nah, sentuhan berbeda itu mungkin bisa dibilang sebagai nilai tambah seperti ilustrasi di atas :)

      Hapus
  24. Inovasi juga butuh hati :D

    Dan inovasi seharusnya tidak membuat yang lain terganggu dengan perubahan yang terjadi. Baiknya inovasi itu dipikirkan dibarengi hati nurani ya bro :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul, karena fungsi inovasi adalah agar dpt bermanfaat bagi org lain.. tentu niat ini berasal dari hati kan? :)

      Hapus
  25. wih, mantap bro. Filosofi tentang nilai tambahnya juara. Inovasi yang murni memang susah, jadi penemu memang nggak gampang. Karena kebanyakan, inovasi yang lahir terinspirasi dari gagasan yang sebelumnya udah pernah ada namun lebih dikembangkan lagi. Dan.. waktunya menjadi inovator :)

    BalasHapus
  26. Iya, memang ga gampang untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar baru. Tapi ironisnya, hal inilah yang sering dijadikan alasan oleh orang-orang untuk melakukan plagiarisme. Seperti yang lu tulis di atas, ada satu batas jelas antara memodifikasi dan menjiplak. Dan sayangnya, masyarakat kita masih banyak yang tidak mengindahkan, betapa berbahayanya punya mental plagiat itu =)

    BalasHapus