Fenomena Om Telolet Om, Kini Mendunia

By | Rabu, Desember 21, 2016 57 comments

Om telolet om...!

Sebenarnya saat ini saya sedang menulis tentang tema inovasi. Namun, biarlah saya biarkan dulu menjadi draft, karena ada topik menarik yang saya temukan di media sosial. Dari judul saja Anda sudah tahu kan tema apa yang akan dibahas? Hehe.

Fenomena Telolet
Akhir-akhir ini banyak beredar video orang-orang terutama usia anak-anak yang setia menunggu di pinggir jalan untuk mendengarkan suara klakson bus. Ini bukan sembarang klakson, namun suara klakson tersebut bisa dibilang unik. Kalau ditulis bunyi klaksonnya adalah "Telolet Telolet".

Fans telolet ini sangat antusias sekali dengan klakson tersebut. Hingga mereka tiap ada bus yang lewat mereka kerap berteriak "Oooommm… Telolet ooommm…", sambil merekamnya dengan handphone. Tidak ketinggalan pula mereka membuat tulisan pada kertas seperti di bawah ini.

gambar / foto Om telolet om
Om Minta Telotet (image : kini.co.id)
gambar / foto Om telolet om
Om Telolet (image : ketemulagi.com)
Ria Ricis pun ikut meramaikan om telolet
Ria Ricis pun ikut meramaikan (SS Youtube : youtube.com/watch?v=tADCkOehkvE)

Jadi tidak perlu bingung dengan istilah Om Telolet Om, karena itu artinya adalah permintaan anak-anak agar bus tersebut mau membunyikan klakson teloletnya, kemudia mereka rekam. Apabila busnya mau membunyikan, maka sorak sorai para fans pun berkumandang.

Silakan tonton salah video dari channel Youtube Crash di bawah ini. Kurang lebih seperti ini fenomena telotet di Indonesia. Isi videonya juga menjelaskan tentang sejarah munculnya fenomena telotet yang viral ini.


Om Telolet Om, Mendunia
Iya mendunia, Anda tidak salah baca. Entah mengapa fenoma ini menjadi viral di luar negeri sana. Beberapa artis internasional mulai berkicau di twitter dengan kalimat Om Telolet Om. Tentu ini membuat masyarakat Indonesia kaget, maka mulai banyak yang nge-share status-status artis tersebut.

Kabarnya dimulai dari DJ Snake yang memulai twit Om Telolet Om, kemudian diikuti oleh sejumlah artis dunia lainnya. Berikut screenshot beberapa akun artis luar negeri yang sebenarnya tidak semuanya saya kenal, hehe...

Tweet DJ Snake, Zeed dan Garrix Telolet
Tweet DJ Snake, Zeed dan Garrix (twitter.com)

marshmello Telolet
Si Om Om Telolet (twitter.com)

FC Barcelona telolet
FC Barcelona Meramaikan Telolet (sumber : Fanspage FC Barcelona)

Sebenarnya masih ada banyak sekali status hingga tweet luar negeri yang turut meramaikan, semakin berjalannya waktu fenomena ini pun semakin menyebar. Menurut Anda apakah ini hal yang membanggakan?

Kalau menurut saya iya, membanggakan. Ini kan sama saja mengiklankan nama Indonesia secara gratis melalui artis-artis internasional.

Teloter Mendunia Om...! (sumber : sirius-light-id.blogspot.co.id)

DJ Snake comment begituan di akun IG Doneld Trump (sumber : Comment FP Meme Comic Indonesia)

Hikmah Fenomena Telotet
Setiap peristiwa pasti ada hikmah di baliknya. Kalau fenomena telolet ini, kira-kira apa hikmahnya? Hikmahnya sangat sederhana. Sederhana, namun banyak dicari orang. Hikmahnya kita diajarkan oleh anak-anak tersebut, bahwa bahagia itu sederhana.

Ya, bahagia itu sederhana. Cukup mendengarkan telolet dari bus saja, mereka sudah bahagianya bukan main. Maka, malulah kita yang saat ini sulit untuk bahagia. Terlalu banyak diri ini menetapkan syarat untuk bahagia. Misal, saya bahagia apabila sudah menikah, sudah mempunyai rumah, mobil, jabatan, dan lain-lain.

(Baca juga : Tingkatan Untuk Bahagia)

Padahal, kita bisa saja menetapkan syarat bahagia itu seminimal mungkin agar kita menjadi mudah untuk merasa bahagia. Misalkan seperti anak-anak tadi, hanya dengan klakson telotet saja sudah bisa bahagia. Nah, kalau saya sekarang merasa bahagia dengan menonton mereka di video, hehe...

Terima kasih untuk para supir bus yang mau membunyikan klason telotetnya untuk membahagiakan anak-anak. Terima kasih juga untuk para fans telolet, terutama yang masih anak-anak. Kalian mengingatkan kita, bahwa untuk bahagia itu sederhana....



***
Tambahan
komik om telolet om
Telolet atau Mati (sumber : FansPage Tahilalats)

Pasangan Cagub Cawagub, Pak Anies dan Pak Sandiaga Uno pun meramaikan Telolet
Pasangan Cagub Cawagub, Pak Anies dan Pak Sandiaga Uno pun meramaikan Telolet (FansPage - Anies Sandi)


Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
comments

57 komentar:

  1. Om telolet om.. On telolet om.. Wkwk

    Baru2 kmren tahu, skrg udh mndunia aja ya.. 😁
    Tidak cumq anak kecil, org dewasa juga ikut,artis jg.. Smpet td lihat di IG ada polisi jg ikutan.. Hehe

    Itu yg bonus gambar, ada gk ya versi aslinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini bikin bingung, knapa bisa sampai viral di luar negeri :D
      ho oh, banyak sekali parodinya

      haha ga ada lah, serem bgt klo ada asli nya

      Hapus
  2. Banyak kawanku masang status om telolet, males aku ikut ikutan tren kayak gitu, jadi ini semua berawal dari dj snake. Hmmmmm.......tinggal tunggu remixnya aja iya.......wkwkwkkwwk :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk, saya mah ikutan lwt blog aja... lumayan buat nambahin topik baru sesuai dgn momen saat ini :D

      Hapus
  3. Okey, fans telolet ini semacam, "Minta Uang" kalau pas lagi lihat pesawat lewat hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk betul, itu mirip sekali dgn itu...
      cuma kalau ini lebih mudah dicari, karena nunggu pesawat itu lebih lama ketimbang nunggu bus lewat :D

      Hapus
  4. Telolet emang keren nih.
    Aku juga ikut andil meramaikan wqwq.

    Tapi yang jadi pertanyaan adalah, sebetulnya anak anak dari daerah mana yang pertama kalo melakukan trend ini.

    Lalu siapa yang mempopulerkan ?

    Aku udah baca brberapa artikel tapi masih belum mendapatkan jawaban yg pas .

    Atau jangan2 jawabanya ada di video ya ?
    Duh sory aku lagi ga bisa ngeyutup :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk malah ikut meramainkan yah

      klo dr video tsb awalnya dr jawa timur. yg populerin ya anak-anak itu, karena sebenarnya fenomena ini sudah ada dr 6 tahun lalu. Cuma bisa menjadi viral akhir2 ini.

      Hapus
  5. Udah mendunia? Yasudah. Gue cukup tau aja. Soalnya nggak ngerti lucunya di mana. Dan gue juga bingung, kenapa orang mikir kalo semua bus bunyinya gitu, ya? XD

    Padahal di tempat gue bunyi bus nggak ada yg gitu. -_-

    Ya, semoga segera selesai, deh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, bagus... jgn ampe tahu lucunya dimana nanti malah keterusan xD
      iya bus seperti itu banyaknya ada di jawa, klo di sumatra mungkin blm sperti ini klakson nya

      Hapus
  6. Baru saja tadi pgi aku ketemu segerombolan anak, bawa kertas bertuliskan om teloler om dan bisnya membunyikan klakson teloletnya, hihihi

    Sebenernya aku udah lama melihat anak anak seperti ini, tapi baru sekarang ya ngetrendnya wekekekek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk malah td pagi ketemu anak itu toh...
      klo dlu saya liat di pom bensin rest area jalan tol, hehe tp pas itu belum menjadi viral :D

      Hapus
  7. plis deh ya,gue ingin melihat komentar komentar lebih bervariasi,bukan di kacangin dengan "om telolet om"

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk, kalau komen begitu mulu malah bisa dianggap sebagai spam...

      Hapus
  8. sebenernya video telolet ini udah lama, gue pertama kali tau dari akun @hati2diinternet beberapa bulan lalu, eh malah baru booming. Pas DJ snake ngetwit gitu gue pikir dibajak, taunya malah semua DJ pada ngetwit gitu dan booming haha.

    buat yang nanya lucunya dimana mungkin harus banyak liburan dulu biar hidupnya gak serius mulu. Telolet itu bukan perkara lucu apa enggak, tapi ngeliat orang2 atau anak2 kecil nunggu bis dan minta telolet lalu supirnya ngasih dan mereka bahagia. Ya, bahagia sesederhana itu. Itu poinnya, bukan "mana lucunya?" :)

    anyway, gue rasa kalo ini booming terus malah bisa bahaya.
    1. Bunyi klakson bus gak sesuai standar dan bisa bikin kaget pengendara lain, dan bisa nyebabin kecelakaan
    2. Orang2 berkumpul di pinggir jalan, bisa aja desak2an dan ada yang jatuh ke jalan dan tertabrak.

    ya semoga aja gak membahayakan dan tetap membahagiakan :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya, mungkin di tiap status nya sering dikomen telolet ama orang indonesia. jadi dia ikut2an deh :D

      hoho bagus ini jawabanmu.
      memang banyak yg msh bingung maksud telolet itu apa dan dmn lucunya :)

      betul, memang anak2 itu jg harus tahu keselamatan. kalau ada bis jgn masuk ke jalan, usahakan jarak nya aman dr arus lalu lintas.

      Hapus
  9. aneh eamng ,, emang aneh.. Marshmello juga ikut2an segala -_-

    BalasHapus
  10. Lagi viral banget loh..
    Tapi gua asli setuju banget sama statement "bahagia itu sederhana"
    Hahhahaa
    iya
    Sesederhana denger bunyi telolet telolet telolet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, itu si hikmahnya...
      kita jd sadar kalau bahagia itu sederhana... haha

      Hapus
  11. siapa ini yg duluan bikin ini ya :v sampe di ig intermilan sama bayern munich pake posting gambar bis terus caption om telolet om

    BalasHapus
    Balasan
    1. udh lama ini, sejak 5-6 tahun lalu
      cuma baru booming skrng...

      Hapus
  12. Iya, bahagia itu sederhana, jadi ingat syukur

    BalasHapus
  13. wah emang gila gan mendunia haha om telolet :D

    BalasHapus
  14. hahaha uda mendunia meme om telolet om dari indonesia kita ini gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, sampai dibikin lagu remix dr DJ luar nih ...

      Hapus
  15. Gue sih tau nya telolet itu dari suara abang abang gerobak es krim yang sering lewat depan rumah gue dulu . Malah enggak kepikiran suara klaskon bus .

    Tapi ya bisa menyebar gitu ya ? hahaha . INDONESIA

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk klo yg ama tukang es itu video parodinya...
      kn lagu nya mirip tu, telolet jg :D

      Hapus
  16. Itu gambarnya kocak banget sumpah ! Pake nodongin senjata pula ! Hahaha

    Gw kemaren naik becak, kok gak ada yang godain gw suruh kasih telolet yah?

    BalasHapus
  17. Bahagia memang bener-bener sederhana yaa, denger bel klakson Telolet aja udah seneng banget haha. Aku juga senyum-senyum sendiri sih pas dengerin klaksonnya telolet itu. Seneng aja gitu.

    Yaa semoga tren seperti ini masih bisa berdampak positif kedepannya. Beruntung juga dengan fenomena seperti ini, Indonesia bisa mendunia. btw, aku ngakak pas DJ Snake yang komen di post nya Donald Trump itu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya bahagia karena nonton video2 anak pemburu telolet itu :D

      yup, lumayan buat promosiin indonesia di ranah internasional. hehe DJ Snake emg greget ituh...

      Hapus
  18. ini fenomena aneh sebenenarnya tapi bukti bahwa bahagia diitu sesederhana menderkan bunyi klakson bus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe fenomena nya memang aneh, namun ya begitu bisa sampai viral :)

      Hapus
  19. Liat anak kecil sampe emak" pada kegirangan pas denger telolet ikut seneng ane, tp ga sukanya kalo malah kesrempetg bus , siapa yg mau disalahin hayoo ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang salah yang kesrempet donk, hehe tp mereka udh disuruh hati2 kok sama para anggota busmania :)

      Hapus
  20. Banyak pro dan kontra tentang om telolet om.kita ambil sisi baiknya jangan sampai informasi hoax masuk ke dalam masyarakat

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pro dan kontra saya tahu, hehe klo yg hoax itu belum... itu hoax nya yg di berita mana gan? hehe

      Hapus
  21. cukup aneh juga sama fenomena yang satu ini, entah awalnya dari siapa nih.. wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya dari anak2 kecil pemburu telolet bro :D

      Hapus
  22. Dan sekarang telolet mulai dilupakan 😂.. moga ada yg kayak gini lagi di tahun depan .. gokil banget soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk namanya berita pasti lama2 padam jg bro :D
      kalau taun depan jgn telolet lg donk, yg lain... hehe

      Hapus
  23. waw firal banget fenomena ini hebat sampe keluar negeri juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe di luar negeri sampe ikut ngomong telolet juga :D

      Hapus
  24. Hikmah lain adalah.. fenomena ini bisa menenangkan suasana akhir-akhir ini yang memanas. Bener gaaaa? :v

    OM TELOLET OOOOM~

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali,
      setidaknya jadi sebagai penghibur di ricuhnya suasana di akhir tahun :D

      Hapus
  25. didaerah saya sampe banyak sekali yang heboh ini , karena menurut para warga bunyi klakson itu unik

    BalasHapus
  26. telolet mendunia hahaha
    demam telolet dimana mana...
    sampe sampe, malam minggu kemaren istri gue ngajakin nyari telolet :D

    yang gue bayangin dan hayalkan atau ppikirkan #anjay
    apa mungkin pas malam tahun baru entar
    bus bus ini bakalan ngumpul disuatu tempat

    dan disaat pergantian tahun
    bus bus ini mulai membunyikan telolet mereka...
    hahaha siapa yang tau :D

    BalasHapus
  27. gara gara telolet jadi banyak busmania dadakan X

    BalasHapus
  28. Emang hebat bgt OM TELOLET OM itu udah menembus trend dunia..

    Welcome to Indonesia, where simple could become a trend :D

    #DiluarJadwalBE

    BalasHapus
  29. dulu susah banget yang namanya nyari telolet hunter. sekarang ada dimana-mana. hahaha

    BalasHapus