Mengenal APBN 2017 untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia

By | Rabu, Desember 07, 2016 80 comments

Tak terasa kita akan menyambut tahun 2017. Entah, rasanya enggan meninggalkan tahun 2016, mungkin karena terlalu banyak kenangan di dalamnya. Namun, apa boleh buat yang namanya waktu pasti akan selalu berjalan tanpa disuruh. 

Makanya kita rugi kalau sampai menyia-yiakan waktu. Semakin bertambahnya waktu, maka sepatutnya kita semakin berkembang pula. Eh, namun bukan hanya kita yang harus berkembang, tapi negara Indonesia ini juga harus.

Apa sudah ada yang tahu, kalau tanggal 26 Oktober 2016 kemarin telah diadakan sidang Paripurna? Dalam sidang tersebut telah disepakati dan disahkan RUU APBN Tahun 2017.

Tapi, apa itu APBN? Yuk, kita simak pejelasan APBN dari Wikipedia.

Pengertian APBN

Dari APBN inilah tersusun mana-mana saja yang saja yang perlu dibiayai di tahun mendatang dari awal tahun hingga akhir tahun. Tidak hanya pengeluaran, pendapatan negara pun tersusun dalamnya. Sekalian belajar, yuk kita lihat anggaran negara kita di kemenkeu.go.id/apbn2017.

Dana APBN nantinya digunakan untuk belanja negara, seperti di bidang kesehatan, pendidikan dan tidak terkecuali juga untuk membangun infrastruktur di Indonesia. Apalagi infrastruktur adalah salah satu dari Tiga Fokus Utama pada masa pemerintahan Jokowi-JK.


Mengapa Infrastruktur itu Penting?
Pembangunan infrastruktur ini penting sekali dalam kemajuan pembangunan Indonesia, sekaligus punya peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi. Mengingat negara kita ini luas sekali dari Sabang hingga Merauke, tentu kita memerlukan adanya infrastruktur yang memadai seperti transportasi, energi, dan sanitasi. 

Menurut yang saya pelajari dari materi perkuliahan. Ada dua dampak dari infrastruktur, pertama, untuk boosting ekonomi dan kedua, untuk membangun ekonomi.

Pertama, boosting (meningkatkan) ekonomi, yaitu membuat ekonomi yang sudah ada menjadi lebih maju. Mudahnya kita ambil contoh kota Jakarta, Jakarta adalah kota yang memiliki kegiatan ekonomi yang tinggi. Kemudian dengan adanya pembangunan infrastruktur seperti jalan tol, KRL, hingga MRT, maka tentu perekonomian Jakarta akan semakin meningkat. Ini juga berlaku untuk kota-kota lainnya.

Kedua, membangun ekonomi, yaitu pembangunan infrastruktur itu dilakukan di daerah yang masih minim atau bahkan tidak ada kegiatan perekonomian di sana, sehingga nantinya di sana akan muncul kegiatan ekonomi baru. Misalkan, dengan dibangunnya jalan, jembatan, dan pelabuhan di daerah terpencil, maka akan muncul kegiatan perekonomian di area tersebut.

Kalau di Indonesia, infrastruktur di pulau Jawa lebih cocok diarahkan untuk mem-boosting ekonomi. Sedangkan di luar pulau Jawa terutama di wilayah timur lebih cocok fokus pada infrastruktur yang membangun ekonomi.

Keadaan Infrastruktur di Indonesia

Menurut Global Competitiveness Report 2016-2017, dalam bidang infrastruktur (Transportasi, Listrik dan Jaringan Telepon), Indonesia menduduki peringkat 60 dari total 138 negara. Ini menunjukan bahwa negara kita tertinggal jauh dari negara lain.

Ranking Infrastruktur Indonesia 2016-2017
Ranking Infrastruktur Indonesia terhadap 138 negara (link sumber : World Economic Forum)

Dalam kategori infrastruktur transportasi, nilai terendah didapat dari infrastruktur pelabuhan (port). Coba ingat, kita sejak kecil sudah dikenalkan bahwa Indonesia adalah negara maritim, memiliki wilayah laut luas dan memiliki banyak pulau. 


Namun, kenyataannya ranking infrastruktur pelabuhan kita malah berada di posisi 75 dari 138 negara. Ini sungguh miris sekali, padahal Indonesia bisa saja mendapatkan ranking satu karena memiliki keuntungan berada di wilayah maritim.

Belum lagi ongkos pengiriman barang (kontainer) dalam wilayah Indonesia itu sangat mahal dibandingkan ke negara lain. Coba perhatikan perbandingan ongkos kirim di bawah ini.

Biaya Pengiriman Jakarta - Papua
Biaya Pengiriman (sumber : Anggadinata, Center for Logistics and Supply Chain Studies, ITB, 2011 | File hal.17 Bappenas.go.id)

Bayangkan ongkos kirim dari Jakarta ke Papua itu lebih mahal ketimbang dari Jakarta ke Shanghai. Ini karena kurangnya infrastruktur, sehingga biaya pengiriman pun menjadi mahal. Maka diperlukanlah pembangunan infrastruktur secara masif terutama di wilayah timur untuk mengatasinya. 

APBN untuk Pembangunan Infrastruktur
Untuk mengadakan pembangunan infrastruktur di Indonesia tentu memerlukan dana yang tidak sedikit. Maka, diperlukan dana APBN untuk menjalankan pembangunan infrastruktur ini. Bahkan, tiap tahunnya alokasi anggaran untuk infrastruktur ini semakin bertambah (lihat grafik di bawah).

Anggaran Infrastruktur semakin meningkat (sumber : BIB Final 2017 | link : kemenkeu.go.id)

Nantinya anggaran tersebut akan dialokasikan ke beberapa infrastruktur, seperti jalan raya, jembatan, bandara, pelabuhan, jalur kereta api dan terminal penumpang. Semua itu yang sangat dibutuhkan Indonesia saat ini.

Sasaran Anggaran Infrastruktur 2017
Sasaran Anggaran Infrastruktur 2017 (sumber : BIB Final 2017 | link : kemenkeu.go.id)

Indonesia sendiri sebenarnya masih membutuhkan anggaran yang lebih besar untuk membangun infrastruktur secara total. Di sinilah pemerintah perlu dukungan dari pihak swasta untuk berinvestasi dalam pembangunan infrastruktur.

Pembangunan infrastruktur memang menjadi prioritas di pemerintah agar mempermudah transportasi, sehingga membuat biaya logistik menjadi murah. Diharapkan perekonomian di Indonesia akan berkembang cepat dan merata dari Sabang hingga Merauke.

Peran Kita Sebagai Warga Negara
Apa yang direncanakan pemerintah itu semua untuk kepentingan kita, demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Untuk itu negara sangat memerlukan dukungan kita untuk menyukseskan program yang disusun dalam APBN.

Kita dapat mengambil peran apapun untuk berpartisipasi. Bisa dimulai dengan memahami APBN, tahu darimana pendapatan negara dan tahu dialokasikan program apa saja. Lalu kita sampaikan kepada teman-teman, agar mereka juga tahu dan turut mendukung programnya.

Dengan adanya peran atau dukungan dari kita semua, semoga Indonesia dapat tumbuh berkembang menjadi negara yang sejahtera. Amiin...

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
comments

80 komentar:

  1. Berat loh sekarang bahasnya wkwk, cit kapan main lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. supaya kita paham dgn APBN pul :D
      oke, habis UAS yo, akeh tugas soal e.. hehe

      Hapus
  2. Wah atikelnya kece nih, APBN 2017. :)
    Apalagi ditambah pict-pict yang menonjok topik utama. Mantaplah.. Smeoga sukses dengan artikelnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat, sehingga kita bisa paham ttng APBB :)
      amiin, makasih doanya...

      Hapus
  3. Wuihhh keren sekarang aku paham tentang apbn, yha......walaupun sedikit sih hehehe.

    apbn 2017 juga memang lagi fokus kepada rakyat, pembangunan, dana cepat (klo gk salah), dan subsidi tepat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah kalau sedikit2 paham, hehe..

      yoyoi, ada beberapa fokus dan yg disampaikan di sini khusus ttng pembangunan infrastrukturnya

      Hapus
    2. Dan semoga apbn tahun 2017 mendatang bisa memakmurkan negeri tercinta kita ini

      Hapus
  4. Memang sudah seharusnya APBN dipakai untuk memperbaiki infrastruktiur. tapi kalau bisa merata sampai ke pelosok negeri, biar rakyat bagian Timur bisa merasakannya. amin
    oh iya, good luck ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. urgent sekali kebutuhan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pemerintah sudah tau itu, jadi tiap tahun alokasi % anggarannya ditingkatkan untuk infrastruktur. Iya, sasarannya agar bisa merata dari Sabang sampai Merauke :)

      Hapus
  5. Padahal aku ngga mengerti soal APBN, Tapi karna baca artikel ini aku jadi paham APBN. Tulisannya pun mudah dicerna..
    Bahasanya ngga terlalu kaku.

    Mantapp deh postnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, syukurlah pangeran kecebong jadi bisa memahami APBN kita :)
      bahasanya memang dibuat jgn terlalu kaku, agar orang awam pun bisa paham dgn materi APBN

      Hapus
    2. Hhhe iyh nih ka :)
      Bener bgt tuh ka.. Kalau bahasa trlalu kaku terkadang susah di cerna sama orang awam.

      Hapus
  6. Yes.. Dapat ilmu baru nih, selain bisa main ke rumah ini, bisa dapat ilmu juga.. Thank mas Cinta ..

    Semoga sehat selalu, agar terus bisa berbagi dan menginspirasi lewat blog ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas Cinta? hahaha
      iya sama2, syukurlah kalau bisa bermanfaat...

      amiin, semoga bisa terus berbagi :)

      Hapus
  7. Sebenarnya aku kurang paham, tapi baca ini jadi paham loh sedikit2. Infografisnya keren sekali. :D sukses untukmu.
    Semoga kelak indonesia bisa makmur dengan keseimbangan keluar masuknya anggaran dana nya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah bisa paham sedikit2 :D
      aamiin, pengeluaran kita memang lebih besar drpd pendapatan. Makanya ada hutang ke luar sama butuh dana dari investor...

      Hapus
    2. Sering belanja online ke luar negeri mempengaruhi nggakk sih untuk pemasukan negeri?

      Hapus
    3. kalau secara pajak iya, bisa menambah pemasukan dalam negeri, bea cukai :)
      kalau masalah devisa, kurang tau itu bs mngurangi devisa atau engga...

      Hapus
  8. Sekarang infrastruktur di bagian timur sana sudah mulai terlihat sekali pembangunannya, dari yg kemarin saya baca, di Papua sudah diresmikan 6 pembangkit listrik, dan ditargetkan 2019 Daerah Papua sudah dapat merasakan listrik, belum lagi harga sembako disana juga sama seperti harga disini. Semoga saja di masa kepemimpinan yg sekarang infrastruktur makin berkembang pesat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, memang begitulah program pemerintah. Agar infrastrukturnya dapat merata di Indonesia. Apalagi daerah timur msh sangat membutuhkan pembangunan infrastruktur untuk dpt membangun perekonomian di sana... Amiin, semoga Indonesia semakin maju

      Hapus
  9. Yeay, ada pembelajaran dari blogwalking hari ini, bahasannya tentang APBN. Jelas sih gua gak terlalu ngerti tentang itu. Tapi sekarang gua sedikit mengerti dari baca ini wkwkk
    Good luck bro!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, tujuannya memang untuk itu selain ikut lomba, post ini bisa untuk menyebarkan pemahaman ttng APBN :)

      oke semangat :D

      Hapus
  10. Pajak nggak dibahas nih, mas? Kan related juga buat pemasukan dana selain dari Investor. Ya, mungkin agak sensitif sih, kalo bahas begitu. XD

    Secara keseluruhan, gue juga nggak terlalu memikirkan soal berapanya. Karena, di tempatku sendiri, jalan aja masih menjadi problem. Bahkan, setelah ditinggal kuliah 5 tahun di luar, pas pulang masih menjadi masalah adalah jalan.

    Jadi mikir aja, sebanyak apapun dana APBN, mungkin lebih tepatnya penggunaannya masih bisa dikatakan tidak tepat sasaran juga jadi faktor. Atau, banyak tikus di mana-mana. :'(

    Buat lombanya, Sukses ya Mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pajak memang nambahin dana APBN secara total, namun untuk infrastruktur itu lebih membutuhkan dana dari investor. jadi nanti pembangunan infrastruktur jadi tidak terlalu membebani APBN. Misal bikin jalan tol 70% dana dari investor, lalu 30% dari negara. Ini kan bisa meringankan :)

      hehe kalau masalah tikus itu kembali ke pribadi masing2... Kemenkeu sudah berusaha untuk transparansi ttng dana APBN

      oke, amiin... makasih bang :D

      Hapus
  11. Hmm..
    Sebelumnya saya ngak mau tau dengan APBN atau sejenisnya, makanya saya jadi ngak tau..
    Hehehe
    Kalau APBN untuk pembangunan infrastruktur negara perlu..
    Tapi ada baiknya mungkin dibidang lain perlu di tinjau dulu.. Siapa tau bidang lain lebih membutuhkan dibandingkan untuk pembangunan infrastruktur..
    Good luck lombanya.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah kalau skrng jd tau ttng APBN :)
      hehe iya pemerintah sudah membagi2 dananya kok, kan untuk infrastruktur hanya pakai 18,6% dari total APBN. Jadi sisanya 81,4% nya itu untuk bidang-bidang lain yang juga tak kalah penting sperti pendidikan, kesehatan, dll :)

      Hapus
  12. @Citra Pradipta....keren tulisannya.......Semoga menang lombanya ya mas......tetap semangat menulis!

    BalasHapus
  13. Wow..
    Semoga dngn peningkatan dana APBN, kita bisa sama-nikmati pembangunan di negara kita.
    Pantesan aja akhir-akhir ini pembangunan lagi gencar-gencarnya
    Awalnya gua pikir di Medan doang, ternyata di kota-kota lain juga.

    Semoga bukan dana APBNnya doang yg di naikkan.
    Tapi pengerjaan dan penyalurannya harus bener-bener buat kepentingan rakyat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, kan pembangunannya demi kesejahteraan kita juga :)
      hehe di kota-kota lain jg sedang banyak pembangunan infrastruktur kok, supaya merata dari barat ke timur :)

      Hapus
  14. Wah keren. Dan ditail banget mas. haha semoga dengan adanya pembangunan infrasutruktur bisa bikin rakyat tambah nyaman hidup di Indonesia haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. sbenarnya masih banyak yg bisa didetailkan lagi lhoo, tp nanti malah pada pusing. Setidaknya biar paham dlu ttng APBN, hehe

      Amiin, semoga Indonesia semakin maju :)

      Hapus
  15. Kalo di tempat tinggalku infrastrukturnya udah bagus mas, jalanan desa udah dilakukan pengecoran, bahkan sampai gang-gang perumahan warga.

    Sebenernya aku gak begitu paham soal ini, ya aku berharap jdi yang terbaik aja buat Masyarakat Indonesia.

    Semoga menang lombanya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah, brarti dana APBN di tahun sebelumnya digunakan untuk pembangunan di sana :)

      hehe iya bro wajar, memang msh banyak yg belum paham kok. makanya Kemenkeu lg semangat untuk sosialisasi ttng APBN, biar masyarakat pd kenal.

      Amiin, makasih bro :)

      Hapus
  16. Topiknya APBN. Update sekali beritanya, masih aja 2016 si mas ini udah bicarain 2017. Hehe,, Tapi informatif sekali mas, kita jadi tau program negeri ini di tahun depan. Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau 2016 itu udh lewat bro, dananya sudah dipakai :D
      ini kan bahas anggaran untuk nanti awal tahun, namanya rencana ya bahasnya skrng donk jgn pas 2017 nya.... klo 2017 itu untuk eksekusinya, hehe

      Hapus
  17. om klo pembangunan infrastruktur seperti GOr nih apa masuk rancangan apbn kah? soalnya sekarang banyak stadion olahraga yang perlu di revoso ulang dari segi pembangunannya, bukan hanya terminal penumpang, namun beberapa stasiun kecil juga butuh rancangan apbn lho ya

    goodluck om lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau itu masih kurang tahu, tp kalau masuk program pemerintah ya bisa aja masuk... sepertinya kalau GOR itu tergantung kebijakan pemerintah daerah :)

      yap, untuk tahun ini dilihat lg fokus bangun jalur kereta api. mungkin tahun berikutnya baru bikin stasiun kecil, kan ada jalur KA pasti ada stasiun :)

      Hapus
  18. Nice info gan, jarang-jarang artikel kayak gini aku baca (haduhh Bim)

    Dan luarbiasa kaget liat biaya/ongkos kirim dari Jakarta-Papua lebih tinggi daripada ke Shanghai ._. itu ya astaga, kenapa?

    memang infrastruktur di Indonesia timur masih termasuk slow perkembangannya gan, aku sih sama berharap tahun 2017 bakal lebih banyak proyek pembangunan infrastruktur di bagian timur indonesia, Manado termasuk ya kan?

    jadi lebih tau apa itu APBN, thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap, mahal karena kurangnya armada yg mengantarkan :)
      untuk itu perlu infrastruktur pelabuhan baru di beberapa titik, agar jalur lautnya ramai, hehe

      diharapkan si begitu, jadi barat sampai timur bisa merata infrastrukturnya. skrng si sedang dibangun bertahap, sesuai dgn dana yg ada. btw, Manado itu indonesia bagian tengah :)

      Hapus
  19. Aku gak terlalu begitu paham sih sama yang namanya APBN, tapi dari artikel ini sedikit-sedikit jadi tau. Oh ya, katamu ini buat lomba ya? semoga menang ya, jangan lupa berdo'a hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah bisa dikit tau...hehe, iya ini untuk lomba blog dr Kemenkeu
      amiin, terima kasih yah bro :D

      Hapus
  20. Ya semoga Dana di tahun ini bisa digunakan dengan maksimal.lagi dan banyak masyarakat yang menikmati fasilitas dari pemerintah.

    Intinya dana dari atas harus sampai ke bawah mas, biar tak ada yang dirugikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamin, semoga dpt digunakan dengan bijak :)
      dengan begitu Indonesia dpt berkembangan lebih cepat dan kesejahteraan masyarakat dpt terwujud

      Hapus
  21. gue sebenernya kurang tau sama APBN ntu apaan...
    dengan adanya artikel ini, seenggaknya gue udah menambah pengetahuan gue tentang APBN ini...
    terima kasih dan juga goodluck ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe upgrade ilmu ttng APBN yah bro :D
      oke, terima kasih...

      Hapus
  22. Wih rapi bener nih infografiknya bang, bacanya enak dan nyaman. :D

    Semoga APBN Indonesia di 2017 mendatang, gue harap bisa berjalan dengan lancar. Tidak ada kendala, dan inilah titik balik untuk perkembangan negeri ini ke tahap yang lebih tinggi.

    Goodluck bang :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau infografiknya dr website kemenkeu-nya, ini saya ambil trus di edit untuk dimasukan ke artikel :)

      Amiin, semoga dpt berjalan lancar pembangunan infrastruktur di Indonesia

      Hapus
  23. pada pemerintahan jokowi saat ini Indonesia jadi semakin baik ketimbang sbelumnya yang jadi presidennya, kerjaan gak pernah selesai kayak hambalang itu hadeh , apalagi anaknya mau nyalon jadi Gubernur DKI, mau jadi apa ntar DKI, bapaknya aja udah gitu apalagi anaknya hemeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok malah bahas politik bang?
      semooga Indonesia terus menjadi lebih baik, amin :)

      Hapus
  24. Wah penjelasannya sangat rinci dan tuntas gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenernya blm rinci ini gan, hehe msh banyak skali data yang blm dicantumkan

      Hapus
  25. semoga aja negara ini jadi lebih baik untuk selanjutnya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga semakin maju dan berkembang... amiin

      Hapus
  26. Semoga negara kita ini semakin maju, dan baik kedepannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga semakin maju dan berkembang... amiin

      Hapus
  27. Apa yg ada kalo dimanfaatkan drngan baik, pasi hasilnya memuaskan.... Semoga negara kita terus maju

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, makanya kita perlu untuk mengambil peran untuk memajukan negara

      Hapus
  28. Mantap gan ,,luar biasa , artikel ini kumplit banget dan detail banget, sangat membuka pebgetahuan saya ,yang belum bgitu paham tentang APBN..MAKASIH,,semoga sukses gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum detail gan :)
      ini cuma secara garis besarnya saja, agar kita sadar dulu dgn APBN

      Hapus
  29. wah sangat komplit bnr , cuman saya kurang mengerti tpi ada postingan ini jadi nambah wawasan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap, kita sbg masyarakat harus sadar dgn APBN kita :)

      Hapus
  30. thanks gan akhirnya ngerti tipis" soal apbn, apalagi itu ada gambarnya, simpel tapi bisa di pahami

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah, nanti semakin lama semakin paham kok. hehe saya jg masih mempelajari apbn

      Hapus
  31. Lumayan gan urutan 62 dari 140 negara. Menurut saya itu gak jelek2 amat untuk ukuran Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu ranking 60 kn scara keseluruhan dan itu terbantu sama rangking "airline" nya yg di rangking 14. Yg darurat karena kita itu negara maritim, namun infrastruktur maritimnya masih kurang

      Hapus
  32. APBN buat kaula muda kayak saya ini emang belum terlalu familiar bang, apalagi peruntukannya. tapi agaknya kita sudah harus mulai aware dengan uang yang dibelanjakan negara ini untuk apa saja, dan rencananya seperti apa..



    bang citra ikutan euy, saya doakan menang lah bang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, makanya kita harus bantu mengenalkan abpn ke khalayak ramai :D
      aamin, hehe

      Hapus
  33. APBN temanya keren bang.. ikutan lah bang.. thank ya bang infonya :)

    BalasHapus
  34. Eaaa... Ini dia Bapak Menteri Keuangan kita....


    Btw, itu kok gambar pesawatnya mirip maskapai adam air yah? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, haha bukan bro...
      saya hanya warga biasa yg lg belajar ttng APBN :D

      entahlah, kurang paham dgn bentuk pesawat mana nih, hehe

      Hapus
  35. Uwaaaaahhh.....
    Jadi kayak lagi belajar pelajaran Ekonomi niihh.. dijelasin tentang apa itu APBN dan digunaian buat apa aja.
    Kereeennn....

    Akhirnya jadi sedikit tahu deh duit-duit yang dipunyain negara itu dibuat apa ajaa.
    Semoga fokus pembangunan yang dicanangin pemerintah bisa sukses. Supaya pengeluaran APBN tepat sasaran dan Indonesia bisa semakin berkembang menyusul negara-negara lain yang udah lebih dulu sukses.

    Dan buat Bang Citra, sukses buat lombanya.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha mirip pelajaran ekonomi yah, pdhal saya anak IPA...
      tapi kan ga ada salahnya belajar ttng APBN, malah itu kita harus tau kan sbg warga negara :)

      syukurlah kalau sdikit2 sudah tahu, semoga bermanfaat
      oke, makasih :D

      Hapus
  36. wah ini infonya sangat bermanfaat banget belum tahun 20017 tapi sudah mengeluarkan apbn tahun 2017 jadi saya tahu anggaran tahun 2017 semoga para petinggi negara menggunakan dengan bijak dan bener :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya memang harus begitu bro, hehe untuk 2017 harus dirancang pas 2016 biar pas 2017 bisa langsung digunakan sesuai dgn target :)

      Hapus
  37. Pemerintah kita yg sekarang kayaknya makin transparan ya soal informasi, dan itu bagus. Gua liat di balik segala konflik SARA yg terjadi di masyarakat kita ini, Indonesia sebenarnya sedang menuju ke arah yg lebih baik =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ni, mulai kerasa kalau pemerintah mencoba untuk semakin transparan. betul ko, Indonesia terlihat semakin dewasa skrng :)

      Hapus
  38. menurut saya informasi diwebsite ini sangat menarik apabila anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Konstruksi dan perencanaan sistem transportasi.
    silahkan kunjungi website di bawah ini
    http://ftsp.gunadarma.ac.id/sipil/

    BalasHapus